GP Rusia

Penyebab Hamilton Melempem dan Gagal Naik Podium di GP Rusia

Senin, 1 Mei 2017 11:29 WIB
Editor: Ramadhan
© Lars Baron/Getty Images
Lewsi Hamilton meraih finish pertama di Sirkuit Internasional Shanghai, China. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Lewsi Hamilton meraih finish pertama di Sirkuit Internasional Shanghai, China.

Lewis Hamilton lagi-lagi gagal mencapai hasil maksimal di awal musim balapan Formula 1 (F1) musim 2017. Memulai balapan di posisi keempat pada seri keempat F1 GP Rusia, Minggu (30/04/17) malam WIB, pembalap asal Inggris tersebut juga harus puas finis di posisi keempat dan gagal naik podium.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Sochi tersebut, Hamilton terpaut 36,320 detik dari rekan setimnya, Valtteri Bottas yang finis di posisi pertama. Di posisi kedua dan ketiga, masing-masing ditempati duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen.

Meski tak terlalu kecewa dengan hasil balapan tersebut karena dirinya masih berada di posisi kedua klasemen sementara di belakang Vettel, Hamilton tetap mengakui sejumlah kekurangan mobilnya pada balapan tersebut.

“Akhir pekan yang sangat sulit,” ujar Lewis Hamilton usai balapan kepada awak media seperti dilansir motorsport.

“Saya tidak ingat terakhir kali mengalami hal seperti ini, mungkin terakhir kali yang saya ingat adalah di Baku,” jelas pembalap berusia 32 tahun itu.

Hamilton pun membeberkan sedikit masalah yang ia alami selama balapan berlangsung. Masalah kecepatan mobilnya justru menghantui sehingga ia tak tampil maksimal dan akhirnya gagal naik podium.

© XPB Images/PA
Lewis Hamilton (kanan) memberi selamat kepada Valtteri Bottas yang memenangkan GP Rusia. Copyright: XPB Images/PALewis Hamilton (kanan) memberi selamat kepada Valtteri Bottas yang memenangkan GP Rusia.

“Pada akhirnya, saya tidak cukup cepat, bahkan mobil tidak terasa nyaman. Kemudian saat balapan mobilnya terlalu panas, sehingga saya harus puas berada di posisi keempat. Begitu saya menyelesaikan lap pertama, pada dasarnya saya terjebak dalam posisi ini,” beber Hamilton.

Saat ditanya apakah dia tahu penyebabnya, Hamilton pun menjawab bahwa dirinya bakal memperbaiki kekurangan yang ada pada mobilnnya di GP Rusia pada balapan selanjutnya.

“Melalui balapan saya bisa memahaminya, jadi saya akan mencoba memperbaikinya pada balapan selanjutnya. Kami meraih hasil baik di sini selama bertahun-tahun, dan hanya berharap bisa kembali tampil baik. Namun saya mencoba bertahan, melakukan hal terbaik yang bisa saya perbuat,” imbuhnya.

Meski hanya finis di posisi keempat, Hamilton tetap menempati posisi kedua di klasemen sementara F1 musim 2017. Dia berada di peringkat kedua dengan koleksi 73 poin, terpaut 13 angka dari pemuncak klasemen, Sebastian Vettel yang mencatatkan total 86 poin.