GP Rusia

(VIDEO) Diacungi Vettel Jari Tengah, Ternyata Begini Respons Massa

Senin, 1 Mei 2017 09:01 WIB
Editor: Ramadhan
© twitter@autosport
Sebastian Vettel dan Felipe Massa Copyright: © twitter@autosport
Sebastian Vettel dan Felipe Massa

Pembalap tim Williams, Felipe Massa mendapatkan acungan jari tengah dari pembalap Ferrari, Sebastian Vettel di penghujung balapan seri keempat Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Rusia di Sirkuit Sochi. Massa dianggap menghalangi laju Vettel yang saat itu tengah bersaing untuk merebut kemenangan dengan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas.

Vettel kesal kepada Massa karena merasa dihalangi saat dirinya ingin mengejar pembalap Mercedes, Valtteri Bottas yang menempati posisi terdepan. Memasuki putaran terakhir, Bottas dan Vettel memang hanya dipisahkan jarak kurang dari satu detik.

Yang mengejutkan, Bottas akhirnya berhasil menyalip mobil Massa, yang merupakan mantan rekan setimnya, dengan mudah di tikungan kedua. Sementara Vettel harus melakukan penyalipan yang tak biasa untuk melewati Massa dari sisi dalam di tikungan keempat.

Alhasil, Vettel pun kehabisan waktu untuk mengejar Bottas karena sudah mendekati garis finis. Pembalap asal Jerman itu harus puas finis di posisi kedua meski memulai balapan di posisi pertama. Vettel hanya berjarak 0,6 detik dari Bottas setelah finis.

Pada momen itu, Vettel sempat mengacungkan jari tengahnya kepada Massa. Pembalap berusia 29 tahun itu tak segan mengungkapkan kekesalannya kepada Massa. Vettel pun menganggap Massa sengaja membantu Bottas, yang merupakan mantan rekan setimnya musim lalu.

“Apa-apaan itu?” ujar Sebastian Vettel di radio tim Ferrari setelah menyalip Massa seperti dikutip dari Autosport. Akibat insiden tersebut, Vettel kehilangan peluang untuk menyalip Bottas dan terpaut tipis 0,6 detik saat melintasi bendera finis.

Terkait insiden jari tengah yang diacungkan Vettel, Massa pun menangggapi hal tersebut dengan santai. “Vettel mengeluh? Di radio? Apakah Anda yakin?” kata Felipe Massa.

“Saya sudah memberikan dia (Vettel) lajur dalam, dan kemudian saya melambatkan laju di tikungan 4, tapi dia malah tidak mengambilnya. Daa sepertinya takut mengambil sisi dalam, padahal saya sudah benar-benar di lajur kiri,” jelas pembalap asal Brasil tersebut.

“Lagipula dia juga tak mungkin bisa menyalip Valtteri (Bottas) pada putaran terakhir balapan. Ya, dia memang pembalap yang suka mengeluh,” tandas Bottas.

Pada balapan itu, Massa sendiri menuntaskan balapan dengan finis di posisi kesembilan dengan jarak lebih dari satu lap. Sementara Vettel yang finis di posisi kedua masih menempati puncak klasemen sementara dengan koleksi 86 poin, diikuti Lewis Hamilton di posisi kedua dengan 73 poin, dan Bottas di posisi ketiga dengan catatan 63 poin