Indianapolis 500

Tampil sebagai Rookie, Ini Kesan Pertama Alonso di Indy 500

Kamis, 4 Mei 2017 10:01 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© wtf1.com
Fernando Alonso saat turun di ajang Indy 500. Copyright: © wtf1.com
Fernando Alonso saat turun di ajang Indy 500.

Fernando Alonso sukses menjalani tes pertamanya untuk bertarung di atas lintasan Indy 500 pada Rabu (03/05/17) kemarin waktu setempat. Berstatus sebagai pembalap debut di ajang ini, Alonso tetap berwajib untuk mengikuti tes sebagai rookie, tak peduli meski ia adalah pembalap Formula 1 yang telah mengantongi dua gelar juara dunia.

Dalam Program Orientasi Rookie (ROP) ini, Alonso harus melaju dalam 10 lap dengan kecepatan 205-210 mil/jam, 15 lap dengan 210-215 mil/jam, dan 15 lap dengan kecepatan lebih dari 215 mil/jam di atas lintasan oval Indianapolis Motor Speedway. Di lap pertama, Alonso langsung melaju dengan 209 mil/jam, atau sekitar 335 km/jam.

Satu jam kemudian, pembalap Andretti Autosport ini pun dinyatakan lolos tes dan resmi diperbolehkan mengikuti sesi latihan bebas dan pelatihan tahap selanjutnya di Indy 500. Balapan utamanya akan berlangsung pada 28 Mei mendatang.

"Awalnya, jujur rasanya seperti kaki kanan saya punya otak sendiri, bahkan kekuatan sendiri! Sepertinya kaki kanan saya tak tersambung dengan otak saya. Jadi saya ingin memacu sekuat tenaga, tetapi kaki kanan saya punya nyawa sendiri. Namun kini saya sudah bisa mengendalikan tubuh saya," tuturnya kepada Motorsport.

© wtf1.com
Fernando Alonso Copyright: wtf1.comMobil yang dipacu Fernando Alonso di lintasan Indy 500.

"Sejauh ini, saya dapat pengalaman bagus, tetapi kini saya akan memulainya di dunia nyata. Masih ada perjalanan panjang menanti, tetapi saya senang dengan langkah pertama ini," lanjut Alonso.

Setelah mengikuti tes pertama, Alonso punya tugas untuk mempelajari data yang telah ia dapatkan dan bersiap untuk mengikuti sesi latihan pertama pada 15 Mei. Demi menuruti keinginannya untuk melengkapi "Tripple Crown" (Indianapolis 500, 24 Hours of Le Mans, dan Monaco Grand Prix), Alonso rela tak menggeber mobil McLaren-nya di lintasan GP Monaco musim ini.