MotoGP Spanyol

Perkasa! Pedrosa Tercepat, Rossi Tercecer di Posisi ke-10

Minggu, 7 Mei 2017 20:02 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Dani Pedrosa berhasil meraih finish di urutan pertama, Marc Marquez finish diurutan kedua dan Jorge Lorenzo finish ketiga. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Dani Pedrosa berhasil meraih finish di urutan pertama, Marc Marquez finish diurutan kedua dan Jorge Lorenzo finish ketiga.

Memulai balapan dari posisi start terdepan, pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa langsung mengambil alih posisi pertama pada balapan seri keempat MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. Pedrosa benar-benar tengah on fire dan meninggalkan para rivalnya dengan jarak yang cukup jauh.

Di belakang Pedrosa ada rekannya Marquez, Andre Iannone, Cal Crutchlow, dan Andre Iannone yang saling berusaha untuk merebut posisi terbaik.

Di awal-awal balapan, duel sengit sempat terjadi saat perebutan posisi kedua. Rekan setim Pedrosa, Marc Marquez yang menghuni posisi kedua mendapatkan tekanan dari pembalap Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

Saat balapan baru memasuki dua putaran, Zarco berhasil mencuri perhatian karena sukses menyalip beberapa pembalap seperti Maverick Vinales, Crutchlow, dan Iannone. Hingga ia akhirnya nyaris saja menyalip Marquez. Sayang, usaha kerasnya tersebut gagal berbuah hasil setelah Marquez tetap mengamankan posisi keduanya.

Menariknya, satu lap setelahnya, Zarco secara mengejutkan berhasil menyalip Marquez dan mengambil alih posisi kedua. Selanjutnya, baik Zarco dan Marquez terus saling menekan untuk merebut posisi kedua.

Beberapa insiden kecelakaan pun terjadi seperti Jack Miller dan Alvaro Bautista yang jatuh bersamaan. Lalu, tak lama berselang, ada Cal Crutchlow dan Aleix Espargaro juga terjatuh di tikungan yang sama.

Sayangnya, situasi tersebut justru gagal dimanfaatkan Rossi untuk mendongkrak posisinya. Meski sempat menempati posisi ketujuh, performa The Doctor terlihat menurun dan akhirnya ia tercecer hingga ke posisi ke-10 sampai balapan selesai.

© Twitter@MotoGP
Dani Pedrosa berhasil finish di urutan pertamana di MotoGP Spanyol. Copyright: Twitter@MotoGPDani Pedrosa berhasil finish di urutan pertama di MotoGP Spanyol.

Hingga balapan selesai, Pedrosa berhasil mempertahankan posisi terdepan, disusul rekan setimnya, Marc Marque di tempat kedua. Sayangnya, Zarco gagal mengamankan posisi terbaiknya hingga posisi ketiga berhasil direbut pembalap Ducati, Jorge Lorenzo.

Pedrosa pun memastikan diri sebagai pemenangan Grand Prix ke-3.000. Podium pertama di Sirkuit Jerez merupakan kemenangan pertama bagi Pedrosa di MotoGp musim 2017 ini, setelah sebelumnya meraih kemenangan pada gelaran MotoGP Misano 2016 kemarin.