F1

Penuh Drama, Hamilton Berhasil Asapi Vettel di GP Spanyol

Minggu, 14 Mei 2017 20:48 WIB
Editor: Rendy Gusti
© David Ramos/Getty Images
Lewis Hamilton ketika memimpin di GP Spanyol. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Lewis Hamilton ketika memimpin di GP Spanyol.

Jalannya Balapan

Sebastian Vettel berhasil menyalip Lewis Hamilton yang memulai balapan pada pole position di Grand Prix (GP) Spanyol, di Sirkuit Catalunya. Balapan antara Mercedes dan Ferrari terlihat semakin seru setelah kedua tim terlihat mendominasi dalam 4 GP terakhir.

Belum memasuki lap kedua, pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen sudah harus keluar setelah mobilnya mengalami kerusakan. Mobil Raikkonen rusak setelah bertabrakan dengan pembalap lain karena bersenggolan dengan Valtteri Bottas.

Balapan semakin menarik memasuki lap keenam setelah terjadi aksi saling susul antara pembalap di posisi 10 besar. Pembalap Renault, Nico Hulkenberg berhasil naik 6 tingkat dan merangkak ke posisi 7 di belakang Esteban Ocon.

Di posisi terdepan, Sebastian Vettel terlihat nyaman setelah berhasil 'mencuri' posisi pertama dari Lewis Hamilton sejak awal-awal balapan. Kedua pembalap tersebut hanya terpaut jarak 2,2 detik di lap ke-11.

Pada lap ke-15, hampir terjadi kecelakaan di dalam pit antara pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz dengan pembalap Haas, Kevin Magnussen. Mobil kedua pembalap itu terlihat nyaris bersenggolan ketika hendak keluar dari dalam pit.

Vettel semakin memperlebar jarak dengan Lewis Hamilton di lap ke-33. Pembalap asal Jerman itu meninggalkan Hamilton dengan perbedaan waktu 7 detik.

© Twitter/@F1
Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel saling berebut posisi pertama di GP Spanyol. Copyright: Twitter/@F1Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel saling berebut posisi pertama di GP Spanyol.

Persaingan kembali memanas di lap ke-38 ketika mobil Vettel dan Hamilton bersenggolan. Ketika pembalap asal Ferrari itu terlihat menutup jalan Hamilton selepas keluar dari dalam pit, Vettel tampaknya tak ingin menyerahkan keunggulannya begitu saja kepada juara dunia 3 kali F1 tersebut.

Satu lap setelahnya, pembalap Mercedes, Valtteri Bottas harus keluar dari balapan setelah mobilnya mengalami masalah. Ketika tengah mengejar dua pembalap terdepan, mobil Bottas terlihat mengeluarkan suara aneh dan mesinnya mulai mengeluarkan asap.

Memasuki lap ke-44, Lewis Hamilton berhasil merebut posisi pertama setelah Sebastian Vettel memberikannya peluang untuk melewatinya. Vettel merasa dirinya tak mungkin bisa memperlebar jarak dengan Hamilton dan enggan mengambil risiko lebih jauh.

Pada akhirnya Lewis Hamilton mampu mempertahankan posisi terdepan dari kejaran pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. Posisi ke-3 balapan GP Spanyol di Sirkuit Catalunya ini diraih oleh pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo.

Berikut adalah catatan waktu balapan GP Spanyol:

© Twitter/@F1
Hasil balapan Formula 1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya. Copyright: Twitter/@F1Hasil balapan Formula 1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya.