Formula 1

3 Pembalap Kompak Salahkan Bottas dalam GP Spanyol

Senin, 15 Mei 2017 19:49 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. Copyright: © Twitter
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Sebastian Vettel kembali diasapi oleh Lewis Hamilton dalam balapan Formula 1 seri kelima yang berlangsung di Sirkuit Barcelona, Spanyol. Pembalap Jerman itu mengaku bisa memenangkan balapan jika saja Valtteri Bottas tidak menghalanginya untuk mengejar Lewis Hamilton.

"Saya kesal karena saya berkesempatan menang di sana. Lewis punya kemewahan untuk bebas memilih ban. Dan dengan Valtteri, saya mengejarnya dan saya tahu mereka (Mercedes) tak akan menyuruhnya masuk pit. Dia berada di mana pun dengan bannya itu dan memanfaatkannya untuk menghalangi saya," tutur Vettel seperti dilansir AFP.

Menjelang balapan berakhir, tepatnya pada lap ke-44, Hamilton mampu menyusul Vettel dan terus mempertahankan posisi tersebut hingga garis finish.

"Saya pikir balapan akan berjalan sulit untuknya (Hamilton). Namun ia sangat cepat di sektor terakhir dan bisa memenangkan balapan. Kerja yang bagus. Ia menang dengan adil dan Anda tak bisa merebut kemenangan itu darinya," tambah Vettel.

© LLUIS GENE/AFP/Getty Images
Valtteri Bottas, Kimi Raikkonen, dan Max Verstappen saat bersinggungan di GP Spanyol. (Sumber: LLUIS GENE/AFP/Getty Images). Copyright: LLUIS GENE/AFP/Getty ImagesValtteri Bottas, Kimi Raikkonen, dan Max Verstappen saat bersinggungan di GP Spanyol. (Sumber: LLUIS GENE/AFP/Getty Images).

Lain lagi dengan Kimi Raikkonen dan Max Verstappen yang kesal dengan Bottas karena mengakibatkan mereka berdua harus keluar dari lintasan lebih awal. Bottas menyenggol bagian belakang mobil Raikkonen di tikungan pertama dan membuat pembalap Ferrari itu bertubrukan dengan Verstappen.

"Saat Anda ditabrak dari belakang, tak ada yang bisa Anda lakukan. Begitu pula dengan saya dan Max. Itu memalukan," komentar Raikkonen seusai balapan.

"Sangat disayangkan," kata Verstappen. "Saya mencoba menghindar dan selama Valtteri tidak menyentuh Kimi, semuanya baik-baik saja, kami bisa saling memberi ruang. Tapi sayang Valtteri menyentuh Kimi dan Kimi tidak bisa mengendalikan mobil dan dia membanting ke saya," timpal sang juara bertahan itu.

Bottas sendiri lolos dari insiden itu dan tak dinyatakan bersalah setelah dilakukan investigasi kecil. Namun akhirnya pembalap Finlandia itu juga tak bisa menyelesaikan balapan karena masalah pada mobilnya.