Formula 1

Demi Kurangi Berat Mobil, Hamilton Siap Lakukan Hal Berbahaya

Rabu, 17 Mei 2017 14:12 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dan Istitene/Getty Images
Lewis Hamilton saat balapan di GP Spanyol 2017. Copyright: © Dan Istitene/Getty Images
Lewis Hamilton saat balapan di GP Spanyol 2017.

Dalam balapan Grand Prix Spanyol di Sirkuit Catalunya pada Minggu (14/05/17), Lewis Hamilton berhasil keluar sebagai pemenang, mengalahkan Sebastian Vettel di tempat kedua dan Daniel Ricciardo di peringkat ketiga.

Selain berhasil meraih poin penuh, pasca balapan GP Spanyol, Hamilton pun mengakui bahwa dirinya mendapat satu pelajaran penting, yakni cara mengurangi berat mobil yang berpengaruh pada kecepatan saat berada di lintasan.

Cara tersebut adalah dengan tidak membawa botol berisi air putih  yang biasa ia gunakan untuk minum saat balapan berlangsung.

"Saat balapan di Catalunya, saya sengaja tidak membawa botol minum untuk mengurangi beban pada mobil. Jadi selama balapan berlangsung, saya sama sekali tidak mengkonsumsi air putih," tutur pembalap Mercedes itu seperti dikutip dari Motorsport.

Diakui oleh Hamilton cara unik yang dilakukannya tersebut mau tidak mau membuatnya jauh lebih lelah dari balapan-balapan sebelumnya yang telah ia jalani.

© David Ramos/Getty Images
Lewis Hamilton ketika memimpin di GP Spanyol. Copyright: David Ramos/Getty ImagesHamilton sama sekali tidak minum saat balapan GP Spanyol.

"Tindakan ini membuat saya seperti mengerahkan seluruh tenaga yang saya miliki. Begitu saya turun dari mobil, detak jatung saya berpacu dengan sangat kencang dari biasanya," tambah pembalap asal Inggris tersebut.

Menyikapi tindakan yang tergolong berbahaya itu, Hamilton secara mengejutkan justru mendapat dukungan dari bos Mercedes, Toto Wolff.

"Saya merasa itu hanya salah satu bentuk ekspresi dari seorang Hamilton yang ingin bersaing untuk tempat terbaik," ujar Wolff.

Sayang, meski berhasil meraih podium pertama, usai GP Spanyol, Hamilton masih menempati peringkat dua klasemen sementara F1 musim 2017 dengan koleksi 98 poin, terpaut enam poin dengan Vettal yang memiliki 104 poin.