MotoGP

Marquez dan Rossi Jatuh, Vinales Juara di Prancis

Minggu, 21 Mei 2017 20:19 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP/Getty Images
Maverick Vinales berhasil keluar sebagai juara MotoGP Prancis 2017. Copyright: © JEAN-FRANCOIS MONIER/AFP/Getty Images
Maverick Vinales berhasil keluar sebagai juara MotoGP Prancis 2017.

Pembalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales kembali menunjukkan keperkasaannya di atas motor Yamaha YZR-M1. Sempat gagal naik podium saat balapan di MotoGP Amerika Serikat dan MotoGP Spanyol, Top Gun kembali meraih podium juara saat balapan MotoGP Prancis 2017.

Memulai balapan dari posisi terdepan, Vinales yang tampil konsisten dan sedikit beruntung akhirnya mampu mengasapi pembalap tuan rumah dari tim Tech 3, Johann Zarco dan Dani Pedrosa dari tim Repsol Honda.

Jalannya Balapan

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, posisi terdepan yang dimiliki oleh Vinales sempat direbut oleh Zarco hingga beberapa putaran. Namun, tempat tersebut pada akhirnya berhasil direbut kembali kembali oleh Vinales.

Memasuki 10 putaran yang tersisa, petaka datang bagi tim Repsol Honda, setelah pembalapnya yang meraih gelar juara musim 2016 lalu, Marc Marquez terjatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan.

Jatuhnya Marquez itu pun membuat persaingan untuk merebut podium tinggal menyisakan empat pembalap saja yang berada di urutan terdepan, yakni Vinales, Valentino Rossi, Zarco, dan Pedrosa.

Saat balapan tinggal menyisakan dua putaran lagi, Rossi yang sejak awal terus berada di belakang Vinales memutuskan untuk melakukan tusukan dan akhirnya berhasil menyalip rekan satu timnya tersebut.

Sayangnya, ketika di putaran terakhir, tepatnya dua tikungan lagi sebelum garis finis, The Doctor harus mengalami nasib sial. Setelah posisinya disalip oleh Vinales, pembalap asal Italia itu gagal menjaga keseimbangan motornya dan terjatuh.

Jatuhnya Rossi itu pun membuat Vinales akhirnya dapat melaju dengan santai saat melewati garis finis, disusul oleh Zarco dan Pedrosa.

Atas kemenangan di MotoGP Prancis ini, Vinales kini kembali menempati posisi puncak klasemen pembalap musim 2017, dengan koleksi 85 poin dari lima balapan. Sementara posisi dua ditempati Rossi dengan catatan 68 poin.