MotoGP

Nicky Hayden Meninggal Dunia akibat Kecelakaan Sepeda

Senin, 22 Mei 2017 23:29 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/@GP_Xtra
Pembalap WSBK, Nicky Hayden. Copyright: © Twitter/@GP_Xtra
Pembalap WSBK, Nicky Hayden.

Juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden, meninggal dunia usai bertarung mempertahankan nyawanya selama hampir satu pekan terakhir, Senin (22/05/17). Kondisi pembalap Amerika Serikat ini dikabarkan kritis setelah mengalami tabrakan tragis saat bersepeda di Italia, Rabu (17/05/17) lalu.

Saat itu, pembalap 35 tahun ini tengah bersepeda di pantai Rimini di Italia dan tertabrak sebuah mobil. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit setempat dengan trauma dada dan kepala. Kemudian ia ditransfer ke Rumah Sakit Bufalini di Cesena.

Esoknya, Hayden dikabarkan menderita kerusakan otak parah akibat kecelakaan tersebut. Pada Sabtu lalu, pihak keluarga mengabarkan bahwa ia masih dalam kondisi kritis dan tidak memungkinkan untuk dilakukan tindak operasi di bagian kepala. Hingga akhirnya, pihak rumah sakit mengeluarkan pernyataan bahwa Hayden telah berpulang.

© Rimini Today
Kondisi mobil yang menabrak Nicky Hayden. Copyright: Rimini TodayKondisi mobil yang menabrak Nicky Hayden.

Hayden memulai karier MotoGP-nya pada 2003. Ia tercatat mampu mengakhiri dominasi kemenangan Valentino Rossi lima tahun beruntun pada 2006 dengan menjadi juara dunia. Pria kelahiran Kentucky juga menjadi pembalap Amerika Serikat terakhir yang menjuarai balapan motor kelas premier.

Ia tetap mengaspal di MotoGP hingga 2015, lalu mencoba peruntungan di kelas World Superbike dan meraih kemenangan perdananya di Malaysia pada musim lalu.