MotoGP

Marquez Bocorkan Penyebab Dirinya Jatuh di Prancis

Jumat, 26 Mei 2017 16:26 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dalam konferensi pers. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dalam konferensi pers.

Nasib buruk harus dialami oleh pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez saat melakoni seri MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans pada Minggu (21/05/17) lalu.

Bagaimana tidak, saat balapan tinggal menyisakan 10 putaran lagi, pembalap yang meraih gelar juara musim 2016 lalu itu terjatuh ke luar lintasan dan gagal menyelesaikan balapan.

Setelah sempat lama diam, pria berkebangsaan Spanyol itu akhirnya angkat bicara terkait penyebab utama dirinya bisa terjatuh dan gagal meraih poin di MotoGP Prancis 2017.

"Secara umum, saya dan Cal Crutchlow memiliki pengaturan dan catatan waktu yang sama saat menghadapi tikungan. Namun, kami sama-sama menderita hal yang sama pula, yakni ban yang kami gunakan," ujar Marquez seperti dikutip dari Crash.

Pembalap berjuluk Baby Alien itu menjelaskan saat balapan berlangsung, temperatur pada ban yang ia gunakan terus memanas dan mau tidak mau membuat tingkat keausan menjadi lebih tinggi.

"Satu masalah utama saat balapan berlangsung, saya merasakan ada gerakan-gerakan mengejutkan pada motor akibat kondisi temperatur ban yang terus memanas."

"Kondisi itu membuat saya semakin sulit menjaga kestabilan pada motor dan seperti yang Anda semua ketahui, saya terjatuh di Sirkuit Le Mans," pungkasnya.

Atas hasil balapan di MotoGP Prancis sendiri, Marquez masih mendiami peringkat empat tabel klasemen pembalap dengan koleksi 58 poin dari lima seri balapan.