Sudah Ada Titik Terang, Palembang Siap Bangun Sirkuit MotoGP

Jumat, 26 Mei 2017 23:04 WIB
Penulis: Muhammad Effendi | Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu daerah yang sempat disebut mendapat persetujuan untuk membangun Sirkuit MotoGP, tapi Gubernur Sumater Selatan, H Alex Noerdin santai menanggapi hal itu. Ia justru optimistis pembangunan sirkuit tersebut tetap di Jakabaring, Palembang tetap terlaksana.

"MotoGP di Palembang sudah ada titik terang," ungkap orang nomor satu di Sumsel ini, Jumat (26/05/17).

Bahkan, pihaknya sudah mengantungi satu investor yang siap membangun Sirkuit MotoGP yang nantinya bakal dibangun di atas lahan seluas 120 hektar di Jakabaring ini.

Insya Allah sudah ada titik terang. Titik terang ini termasuk untuk investornya," katanya singkat.

"Saat ini hanya Provinsi Sumsel yang paling siap untuk pembangunan sirkuit MotoGP. Apalagi kalau masterplan saja belum dibuat, bagaimana mau disetujui oleh Dorna. Jadi mau bangun apa?" jelas Alex.

© internet
Caption Copyright: internetMasterplan Sirkuit Jakabaring.

Untuk diketahui, Sumsel menyiapkan lahan seluas 120 hektar untuk Sirkuit MotoGP di Jakabaring dengan panjang mencapai 4,31 kilometer. Di mana ideal panjang lintasan itu 4,27 kilometer.

Sirkuit tersebut juga akan memiliki sebanyak 14 tikungan yang terdiri dari lima tikungan ke kanan dan sembilan tikungan ke kiri.

Selain 14 tikungan, juga terdapat trek lurus sepanjang 750 meter yang bisa memacu kecepatan hingga 303 kilometer per jamnya dengan rata-rata kecepatan seluruh trek yang ada 171 kilometer per jam.

Sedangkan lebar lintasan sepanjang 12 meter. Namun, untuk lebar lintasan di start atau finish lebih lebar dua meter, yakni 14 meter.

Lalu, Sirkuit MotoGP Palembang nantinya terdapat sembilan tribun yang mampu menampung 130 ribu penonton dan administrasi.