MotoGP

Kenang Nicky Hayden, Pembalap NASCAR Gelar Bersepeda Bersama

Sabtu, 27 Mei 2017 14:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fox Sports
Penghormatan pembalap NASCAR untuk Nicky Hayden. Copyright: © Fox Sports
Penghormatan pembalap NASCAR untuk Nicky Hayden.

Kepergian Nicky Hayden membuat para pelaku dunia olahraga, khususnya para pembalap, berlomba-lomba untuk melakukan penghormatan dengan berbagai cara. Pembalap NASCAR dari tim Monster Energy NASCAR Cup Series, Jimmie Johnson, mengajak lebih dari 60 orang untuk bersepeda bersama.

Ide awalnya bermula dari kawan Johnson, Josh Strang, yang terpikir untuk mengajak banyak orang untuk bersepeda bersama sejauh 69 mil (sekitar 111 km), angka yang identik dengan Hayden.

"Josh adalah seseorang yang senang melakukan sesuatu dalam skala kecil dan saya adalah kebalikannya. Ia berpikir tiga atau empat orang dan tak ada yang tahu tentang ini, hanya akan jadi sesuatu yang keren bagi kami," tutur Johnson kepada Motorsport.

"Lalu terpikir, 'ayo bersepeda 69 mil dan beritahu orang-orang, dengan begitu kita menyebarkan cinta kami kepada Nicky dan semoga bisa meningkatkan kesadaran tentang bersepeda. Lalu semuanya bertambah besar dan kami mendapat dukungan luar biasa dari para pembalap NASCAR," lanjutnya.

"Menurut saya banyak orang di komunitas sepeda ingin keluar dan berkendara untuk menghormatinya. Nicky dikenal dengan baik. Luar biasa melihat banyak orang yang kenal Kentucky Kid dan ingin menghormatinya dan bersepeda. Kami tak punya banyak pembalap MotoGP (dari AS), dan di sana kami punya Nicky Hayden dan Colin Edwards. Mereka adalah pembalap kami," tambah Johnson.

Tim bersepeda ini berangkat dari pinggiran kota Charlotte, North Carolina, pada Jumat (26/05/17) waktu setempat. Johnson menyelesaikan jarak 69 mil dalam tempo tiga jam, 38 menit, dan 29 detik.