Bos MotoGP Heran F1 Izinkan Fernando Alonso Balapan di Indy 500

Minggu, 28 Mei 2017 20:53 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Dan Istitene/Getty Images/Motorsport
Fernando Alonso ketika menjajal mobil Indy 500 Copyright: © Dan Istitene/Getty Images/Motorsport
Fernando Alonso ketika menjajal mobil Indy 500

Fernando Alonso memutuskan untuk absen di balapan GP Monaco untuk berkompetisi di ajang balap Indy 500. Alonso akan menjalani debut di balapan ini pada Minggu (28/05/17) waktu setempat. 

Bos MotoGP, Carmelo Ezpeleta mengaku heran dengan hal ini. Ia merasa aneh penyelenggara F1 mengizinkan Alonso mengikuti kompetisi lain saat dia juga tercatat dalam kompetisi balapan resminya di F1.

© id.motorsport
Pebalap Formula 1 asal Spanyol, Fernando Alonso. Copyright: id.motorsportFernando Alonso ketika menjajal mobil Indy 500.

"Sebagai teman, saya senang Alonso terjun ke balapan Indy 500. Tapi saya juga merasa F1 harus bersikap atas hal ini. Hal seperti ini tidak akan terjadi kalau F1 masih dalam kepemimpinan Bernie Ecclestone," kata Ezpeleta.

Di ajang MotoGP, dia menjelaskan, seorang pembalap tak akan bisa berkompetisi di kategori lain tanpa persetujuan dari pimpinan klasemen. 

"Di MotoGP, ada klausul kontrak yang menentukan seorang pembalap tak dapat bersaing di kompetisi lain tanpa persetujuan kami, dan kami tak pernah menyetujuinya," katanya.