MotoGP

Setelah 9 Tahun, Dovizioso Juara di Kampung Halaman

Minggu, 4 Juni 2017 20:52 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter MotoGP
Selebrasi Andrea Dovizioso saat meraih podium juara MotoGP Italia 2017. Copyright: © Twitter MotoGP
Selebrasi Andrea Dovizioso saat meraih podium juara MotoGP Italia 2017.

Andrea Dovizioso berhasil membuktikan bahwa pembalap Italia bukan hanya Valentino Rossi saja. Hal itu ia tunjukkan saat berhasil finis di posisi pertama saat balapan MotoGP Italia 2017 di Sirkuit Mugello.

Meski tidak memulai balapan dari posisi terdepan, Vinales dengan tenang mampu mempertahankan laju motornya, hingga akhirnya mampu mengasapi Maverick Vinales di tempat kedua, dan Danilo Petrucci di posisi tiga.

Jalannya Balapan

Saat lampu hijau tanda dimulainya balapan menyala, Rossi yang memulai balapan dari posisi kedua langsung tancap gas dan merebut posisi terdepan. The Doctor mampu mengasapi Vinales dan Dovizioso yang berada di belakangnya.

Baca Juga

Jorge Lorenzo dari tim Ducati sempat membuat kejutan. Saat berada di lintasan lurus, X-Fuera mampu melaju dengan kencang dan menyalip posisi terdepan yang dimiliki Rossi. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama, pasalnya saat menghadapi tikungan, Rossi mampu merebut kembali posisi terdepan.

Perlahan demi perlahan, Dovizioso mulai konsisten menyalip pembalap-pembalap yang berada di depannya. Hingga pada akhirnya, ia berhasil menyalip Vinales yang selama beberapa putaran sempat memimpin di posisi terdepan.

Ketika balapan tinggal menyisakan 10 putaran lagi, petaka datang bagi tim Repsol Honda. Pasalnya, pembalap mereka, Dani Pedrosa gagal menyeimbangkan kendaraannya dan terjatuh ke luar lintasan.

Parahnya, insiden jatuhnya Pedrosa itu juga menyeret pembalap LCR asal Inggris, Cal Crutchlow. Keduanya pun tidak bisa melanjutkan balapan dan harus rela gagal meraih poin di Italia.

Hingga putaran terakhir, Dovizioso yang konsisten menjaga performanya pada akhirnya berhasil merebut podium juara MotoGP Italia 2017.

Perlu dicatat, ini merupakan pertama kalinya pembalap kelahiran 23 Maret 1986 itu meraih podium juara di kampung halamannya sejak berkarier sebagai pembalap MotoGP pada 2008 silam.

Selain Dovizioso, hasil balapan di Sirkuit Mugello juga memiliki kesan tersendiri bagi Petrucci. Pasalnya, setelah lima tahun menjadi pembalap MotoGP, Petrucci akhirnya sukses meraih podium pertamanya di Italia.

Atas hasil balapan di Sirkuit Mugello ini, Maverick Vinales masih perkasa di puncak klasemen sementara MotoGP musim 2017 dengan koleksi 105 poin. Tempat kedua sendiri berhasil direbut Dovizioso dari Pedrosa dengan catatan 79 poin.