MotoGP

Keluhkan Kondisi Trek, Dovizioso Kesulitan Balapan di Catalunya

Sabtu, 10 Juni 2017 19:08 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Motorsport
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Copyright: © Motorsport
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, mencatat hasil positif saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Catalunya. Pada latihan kedua, pembalap asal Italia itu finish di urutan ke-4 dibelakang Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Jonas Folger.

Dovizioso yang sukses mengangkat trofi juara saat balapan MotoGP Italia akhir pekan lalu, berharap meneruskan capaian apiknya tersebut. Namun menurutnya, kondisi lintasan di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, bisa menggagalkan misinya tersebut.

© Twitter/Ducati
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Copyright: Twitter/DucatiPembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

"Terjadi kejutan kecil saat hendak mulai membalap dalam kondisi trek seperti ini, tonjolannya parah, aspalnya hancur. Kondisi ini menyulitkan bagi semua orang," kata Dovizioso.

Baca juga: 

Menurut pembalap 31 tahun itu, dirinya cukup beruntung karena sudah lebih dulu menjajal sirkuit ini bulan lalu. Saat itu, ia bersama sejumlah pembalap lain melakukan tes privat di sirkuit tersebut.

"Bagi yang sudah menjalani tes bulan lalu di sirkuit ini, tentu sangat membantu karena kami sudah tahu kondisinya. Menurut saya, karena itu juga saya bisa tampil kompetitif," katanya.

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso ketika menjajal motor. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesPembalap Ducati, Andrea Dovizioso ketika menjajal motor.

Hanya saja, ia juga mewaspadai jika para pembalap lain mampu beradaptasi dengan kondisi trek, dan melakukan peningkatan. Menurutnya, lintasan seperti ini membuat dirinya tak bisa mengendalikan motor dengan baik.

"Hal ini membuat trek menjadi sangat sulit. Saya pikir ini salah satu trek paling indah dalam kompetisi ini, tapi kalau seperti ini balapan jadi tak asik. Trek ini bahkan lebih buruk dari tahun lalu," tutur Dovizioso.