F1

Malaysia Pertimbangkan Kembali Gelar Balapan F1

Sabtu, 17 Juni 2017 12:02 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Crash.net
GP Malaysia 2016. Copyright: © Crash.net
GP Malaysia 2016.

Malaysia membuka kemungkinan untuk melanjutkan kontrak penyelenggaraan kompetisi balap Formula 1. Sebelumnya, Malaysia telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak penyelenggaraan kompetisi jet darat tersebut.

Setelah keputusan tersebut, tahun ini akan menjadi musim terakhir atau yang ke-19 kalinya balapan F1 digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia.

© Internet
Caption Copyright: InternetBalapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang.

Chief Executive Sirkuit Sepang, Datuk Razlan Razali mengungkapkan, keputusan Malaysia untuk mengakhiri kontrak sebagai tuan rumah F1, disebabkan balapan yang sudah tak menarik di bawah kepemimpinan Bernie Ecclestone.

Baca juga:

"Perubahan drastis di tahun 2014, dengan mesin baru V6, merupakan awal penurunan pamor yang terjadi di F1. Balapan menjadi kurang menarik yang berdampak pada berkurangnya penonton baik di TV maupun yang datang langsung ke lintasan," kata Razali.

Minimnya penonton yang tertarik menyaksikan pertandingan F1 di Sepang memang terlihat begitu nyata. Musim lalu, sirkuit yang mampun menampung 120 ribu orang penonton itu hanya didatangi oleh 45 ribu orang saja. Padahal penyelenggara balapan Sepang telah menurunkan harga dan menjadi seri termurah dalam kalender F1.

© INTERNET
Lewis Hamilton saat mengalami GP Malaysia (09/10/16) Copyright: INTERNETLewis Hamilton mengalami kecelakaan saat melakoni balapan GP Malaysia musim lalu.

Karenanya jika Liberty Grup selaku pemilik F1 yang baru dapat melakukan perubahan positif agar balapan lebih menarik, Malaysia berencana untuk kembali menjadi tuan rumah. 

"Jika memenuhi kriteria, kami bisa kembali ke F1. Kami ingin melihat bagaimana serunya balapan F1. Kita lihat saja dulu apa solusi dari manajemen yang baru," ucap Razali.