Formula 1

Dekati Rekor Schumacher, Hamilton Raih Pole Position di Azerbaijan

Sabtu, 24 Juni 2017 21:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Pembalap andalan Mercedes, Lewis Hamilton. Copyright: © Getty Images
Pembalap andalan Mercedes, Lewis Hamilton.

Setelah mendapati masalah di sesi latihan bebas, Lewis Hamilton akhirnya mendapat posisi start terdepan pada balapan Formula 1 yang berlangsung di Sirkuit Baku besok, Minggu (25/06/17).

Ini merupakan pole position Hamilton yang ke-66 sepanjang karier F1-nya. Ia kini hanya berjarak dua pole position dari legenda F1, Michael Schumacher yang memegang rekor 68 pole position

© Twitter/Formula 1
Lewis Hamilton meraih pole position yang ke-66. Copyright: Twitter/Formula 1Lewis Hamilton meraih pole position yang ke-66.

Valtteri Bottas melengkapi kejayaan Mercedes dengan mengunci posisi start kedua, setelah ia mencatat waktu terbaik di sesi latihan bebas ketiga yang juga berlangsung hari ini, Sabtu (24/06/17).

Baca Juga

Dua pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel, menyusul di posisi ketiga dan keempat. Max Verstappen mengamankan posisi kelima, tepat di depan dua pembalap Force India, Sergio Perez dan Esteban Ocon.

© Twitter/Formula 1
Posisi start GP Azerbaijan. Copyright: Twitter/Formula 1Hasil kualifikasi GP Azerbaijan.

Fernando Alonso mendapat peringkat ke-16 dari hasil kualifikasi, tetapi karena mendapat penalti 40 grid akibat perubahan mesin, ia akan start dari posisi ke-19. Rekan setimnya di McLaren, Stoffel Vandoorne, mendapat satu peringkat lebih baik di posisi ke-18.

Untungnya mereka berdua tak mendapat posisi buncit. Jolyon Palmer-lah yang mendapat posisi terakhir karena tak mengikuti kualifikasi akibat masalah kebocoran bahan bakar di mobilnya.