MotoGP

Juara di Assen, Rossi Raih Kemenangan Perdana Musim Ini

Minggu, 25 Juni 2017 19:16 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Valentino Rossi membuktikan dirinya masih kompetitif di musim ini. Ia sukses naik podium teratas dalam balapan GP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (25/06/17).

Jalannya Balapan

Johann Zarco memulai balapan dengan pole position pertamanya di kelas MotoGP. Ia terus memimpin di putaran pertama, diikuti Marc Marquez dan Valentino Rossi yang mulai balapan dari posisi keempat.

Sam Lowes dan Jonas Folger tabrakan dan harus keluar lintasan. Keduanya tak mengalami cedera serius dan ini merupakan kali pertama Folger tak menyelesaikan balapan.

Baca Juga

Tak lama, Rossi menyalip Marquez untuk mengamankan posisi kedua. Akhirnya The Doctor bisa memimpin jalannya balapan di lap ke-9. Zarco yang berupaya mengambil kembali posisi terdepan, malah berakhir di posisi keempat setelah sempat menyenggol motor Rossi.

Namun malang bagi pemuncak klasemen sementara. Maverick Vinales jatuh terpelanting hingga motornya rusak parah. Ia pun harus rela keluar dari jalannya balapan saat berada di posisi kelima.

Pertarungan sengit berlangsung di lini depan antara Rossi, Danilo Petrucci, dan Andrea Dovizioso. Jelang lima lap terakhir, Dovizioso memimpin dan semakin dekat dengan hattrick kemenangan beruntun di musim ini.

Namun jelang dua lap terakhir, Rossi mampu meraih posisi terdepan lagi. Ini merupakan kemenangan perdana Rossi setelah satu tahun lebih dan kemenangan pertama di musim ini. Bersama Rossi, Petrucci dan Marquez juga naik podium sebagai juara dua dan ketiga.