Formula 1

Ricciardo Juarai Balapan Penuh Kejutan di Azerbaijan

Minggu, 25 Juni 2017 22:47 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Daniel Ricciardo akhirnya naik di podium tertinggi untuk pertama kalinya di musim ini saat finish terdepan di balapan GP Azerbaijan, Minggu (25/06/17). Di belakangnya menyusul Valtteri Bottas dan rookie Lance Stroll yang membuat kejutan.

Jalannya Balapan

Drama sudah terjadi sejak lap pertama. Valtteri Bottas mengalami kebocoran dan tercecer dari posisi kedua hingga posisi terakhir. Sementara Carlos Sainz membentur dinding pembatas di lap yang sama.

Hamilton masih memimpin hingga putaran ke-10. Di belakangnya, Sebastian Vettel yang start dari posisi keempat, langsung membuntuti pembalap Mercedes itu di posisi kedua. Hingga titik ini, Sergio Perez dan Max Verstappen masih bertahan di posisi ketiga dan keempat.

Baca Juga

Malang bagi Jolyon Palmer dan Daniil Kvyat yang harus menjadi pembalap pertama yang keluar dari balapan. Tak lama kemudian, Verstappen juga keluar dari lintasan karena mobilnya mengalami masalah. Di balapan sebelumnya di GP Kanada, pembalap Red Bull ini juga keluar balapan setelah melewati sepuluh putaran.

Di lap ke-20, Vettel dan Hamilton sempat bersenggolan di belakang safety car. Dua lap kemudian, giliran dua pembalap Force India, Perez dan Esteban Ocon bertubukan. Akhirnya, Perez harus tereleminasi dari balapan sedangkan Ocon masih aman untuk lanjut.

Akhirnya bendera merah pun dikibarkan dan balapan dihentikan untuk sementara saat memasuki lap ke-23. Lintasan dibersihkan dari serpihan mobil yang terkena insiden dan investigasi dilakukan untuk menyelidiki insiden Vettel dan Hamilton.

Usai balapan dilanjutkan, Hamilton masih memimpin, diikuti Vettel. Daniel Ricciardo melesat dari posisi ke-10 langsung ke posisi tiga. Fernando Alonso juga menyeruak 13 posisi sejak awal balapan.

Memasuki lap ke-32 dan 34, Vettel dan Hamilton masing-masing masuk ke pit stop. Ricciardo pun mengambil alih jalannya balapan, disusul rookie Lance Stroll dan Kevin Magnussen.

© Twitter/Formula 1
Jalannya balapan hingga lap ke-34. Copyright: Twitter/Formula 1Jalannya balapan hingga lap ke-34.

Jelang lima lap terakhir, Ricciardo masih terus memimpin dan tak tergoyahkan hingga akhir balapan. Bottas yang sempat di posisi buncit, perlahan-lahan menyalip beberapa pembalap sekaligus dan melewati Stroll untuk mengunci posisi runner up. 

Ricciardo pun meraih kemenangan kelimanya di ajang Formula 1, sementara Stroll yang menjadi juara ketiga, tercatat sebagai rookie termuda yang naik podium saat berusia 18 tahun 239 hari.