MotoGP

Bersaing Ketat di Lini Depan MotoGP Belanda, Rossi Sindir Zarco

Selasa, 27 Juni 2017 00:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Johann Zarco dan Valentino Rossi. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Johann Zarco dan Valentino Rossi.

Valentino Rossi sukses naik ke podium teratas untuk pertama kalinya di musim ini saat finish terdepan di balapan Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (25/06/17) malam. Sebelum memasuki pertengahan balapan, ia langsung memimpin jalannya balapan usai menikung Johann Zarco yang start terdepan.

Usai persaingan ketat di lini depan pada lap 11 tersebut, Zarco sempat menyenggol bagian belakang motor Rossi. Untungnya hal itu tak berujung dengan insiden. Zarco yang kaget agak mengendorkan pacunya dan langsung ke posisi keempat, di belakang Marc Marquez dan Danilo Petrucci.

Usai balapan, The Doctor pun menyindir Zarco terkait senggolan kecil tersebut. Rossi menyebut rookie Tech3 itu sebagai pembalap yang tak tahu bagaimana caranya menyusul rivalnya. 

Baca Juga

"Saya mulai berpikir ia bukanlah orang jahat, ia hanya tak mengerti jarak antara satu motor dengan motor lainnya. Seperti di Austin, ia mencoba sesuatu yang mustahil. Saya tak tahu mengapa. Bila Anda menyalip yang lain, Anda harus menghitung juga bahwa yang lain tidak bisa begitu saja menghilang," ungkap Rossi, sepert yang dikutip Austosport.

© Twitter/Crash
Valentino Rossi menang di MotoGP Belanda. Copyright: Twitter/CrashValentino Rossi menang di MotoGP Belanda.

Sementara Zarco sendiri beralasan ia hanya ingin berupaya mengambil kesempatan mengambil alih posisi terdepan saat Rossi sedikit melebar di tikungan.

"Ia sempat melebar dua kali, jadi saya langsung mengambil peluang itu. Saya ingin tetap memimpin karena akan lebih baik untuk mempertahankan kecepatan, memimpin jalannya balapan," dalih Zarco.

© Twitter/Monster Yamaha Tech3
Johann Zarco meraih pole position di MotoGP Belanda 2017. Copyright: Twitter/Monster Yamaha Tech3Johann Zarco meraih pole position di MotoGP Belanda 2017.

"Saya amat ingin mempertahankan kecepatan di tikungan, tapi ia cukup bagus sehingga kami berdua berada di sudut kanan. Saya berada di sebelah kanannya sementara saya benar-benar mengarah ke kanan. Saya tak bisa melihat. Saya hanya membuat keputusan dan saya harus menunggu untuk lihat apakah kami bersentuhan atau tidak," jelasnya lagi.

Pada akhirnya, Zarco hanya bisa finish di posisi ke-14 dan menerima sanksi penalti. Namun ia tetap mengamankan posisi enam di papan klasemen sementara, memimpin para pembalap satelit lainnya.