MotoGP

Gagal Raih Poin di Assen, Ini Dalih Vinales

Selasa, 27 Juni 2017 10:34 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Maverick Vinales dalam sebuah konferensi pers. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Maverick Vinales dalam sebuah konferensi pers.

Nasib buruk harus dirasakan oleh pembalap yang baru direkrut Movistar Yamaha di balapan MotoGP musim 2017, Maverick Vinales kala melakoni laga di Sirkuit Assen.

Ya, dalam laga yang menjadi rangakaian MotoGP Assen 2017 yang berlangsung pada Minggu (25/06/17) itu, Top Gun harus menyelesaikan balapan lebih dulu. Hal itu lantaran dirinya terjatuh ke luar lintasan ketika balapan tinggal menyisakan 14 putaran lagi.

Baca Juga

Terhempasnya pembalap asal Spanyol itu pun cukup parah hingga membuat motornya rusak parah dan tidak bisa lagi melanjutkan balapan. Hal itu jelas sangat disayangkan, mengingat sebelum terjatuh, Vinales tengah berada di jajaran lima besar.

Ditemui usai balapan, pembalap yang sebelumnya memperkuat tim Suzuki itu mengaku bingung untuk menjelaskan. Pasalnya, ia tidak tahu dengan pasti penyebab dirinya bisa jatuh ke luar lintasan.

"Saya tidak bisa jelaskan apa yang terjadi, karena sesungguhnya saya juga bingung mengapa bisa seperti itu. Saya sudah dua ribu kali melewati tikungan itu dan selama ini baik-baik saja," ujar Vinales seperti dikutip dari Crash.

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap andalan Yamaha, Maverick Vinales. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesVinales bingung kenapa bisa terjatuh di Sirkuit Assen.

Lebih lanjut meski kecewa dengan hasil yang dicatatnya, Vinales mengaku tetap mendapat pelajaran berharga dalam balapan di Sirkuit Assen tersebut.

"Kecelakaan ini mungkin tidak bisa dijelaskan, tapi kita bisa belajar sesuatu dari sini, terutama saat menjalani kualifikasi. Saya sudah menampilkan performa terbaik yang saya miliki. Ini merupakan balapan yang mempertaruhkan segalanya, dan ternyata saya kalah," ungkapnya.

Balapan MotoGP Assen yang untuk pertama kalinya berlangsung pada hari Minggu itu sendiri pada akhirnya berhasil dimenangkan oleh rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi, yang disusul oleh Danillo Petrucci dan Marc Marquez.

© INDOSPORT
Andrea Dovizioso kibarkan bendera Italia. Copyright: INDOSPORTAndrea Dovizioso kini berada di puncak klasemen sementara pembalap MotoGP 2017.

Sedikit informasi, akibat gagal meraih poin di Assen, Vinales harus merelakan posisi puncak klasemen direbut oleh pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dengan koleksi 115 poin, selisih 4 poin dengan dirinya di tempat kedua.