Formula 1

Ricciardo: Vettel Suka Bertindak Tanpa Berpikir

Selasa, 27 Juni 2017 05:09 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton terlibat sebuah insiden dengan Sebastian Vettel pada ajang balapan Formula 1 yang berlangsung di Sirkuit Baku, Azerbaijan pada Minggu (25/06/17) kemarin. Saat berada di lap ke-20, terlihat pembalap Ferrari itu dengan sengaja melakukan manuver dan berada di sebelah kiri mobil Hamilton.

Ketika kedua pembalap bersebelahan, Vettel dengan sengaja menyenggol mobil milik Hamilton. Akibat dari insiden yang dilakukan Vettel, pembalap berusia 29 tahun tersebut terkena sanksi penalti 10 detik.

Tindakan yang dilakukan oleh Vettel pun mengundang perhatian dari Daniel Ricciardo. Pembalap Red Bull itu menuturkan Vettel seharusnya bisa menenangkan diri, terlebih setelah mendapatkan hukuman penalti 10 detik itu.

Baca Juga

“Sebastian (Vettel) terkadang tidak berpikir terlebih dahulu sebelum ia bertindak,” ungkap pria berusia 27 tahun itu, dikutip dari BBC.

“Mungkin dirinya berada di bawah hasrat yang besar untuk mencapai kemenangan. Terkadang, dirinya harus menutupi hal itu.”

© Twitter/Formula 1
Daniel Ricciardo di podium GP Azerbaijan 2017. Copyright: Twitter/Formula 1Daniel Ricciardo di podium GP Azerbaijan 2017.

“Saya menghormati Seb atas besar cintanya kepada olahraga, yang berubah menjadi sebuah hasrat dan terkadang menjadi sebuah agresi. Saya menghormati dan menyukai hal itu dari dirinya.”

“Namun seperti yang Anda lihat, meskipun lewat radio, terkadang dirinya bisa bertingkah berlebihan.”

© Twitter @F1.
Reaksi Vettel dan Hamilton saat mobil keduanya bertabrakan. Copyright: Twitter @F1.Reaksi Vettel dan Hamilton saat mobil keduanya bertabrakan.

Dalam insiden itu, Vettel meyakini bahwa Hamilton dengan sengaja mengurangi kecepatannya. Namun, para petugas yang telah mengumpulkan dan memeriksa data dari mobil milik Hamilton menyimpulkan bahwa pembalap berusia 32 tahun itu tidak melakukan kesalahan apa pun.

“Tidak peduli apa yang ingin dilakukan Lewis (memperlambat kecepatan atau tidak) karena dia berhak untuk menentukan kecepatan dari mobil yang dikendarainya.”

© Indosport
Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel. Copyright: IndosportLewis Hamilton dan Sebastian Vettel.

Selain mendapatkan sanksi penalti 10 detik, Vettel juga mendapatkan 3 poin pada super licence penalty. Total, dirinya sudah mengumpulkan 9 poin.

Jika dirinya kembali terlibat insiden dan mendapatkan 3 poin tambahan pada GP Austria, secara otomatis Vettel tidak bisa mengikuti balapan pada GP Inggris di minggu berikutnya.

Pasalnya, ketika seorang pembalap sudah mengumpulkan 12 poin pada super licence penalty miliknya, dirinya akan secara otomatis dilarang ikut bertanding pada 1 laga balapan.