MotoGP

Criville: Rossi Terobsesi Raih Gelar Juara Dunia Kesepuluh

Kamis, 29 Juni 2017 13:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Valentino Rossi. Copyright: © Getty Images
Valentino Rossi.

Mantan pembalap Spanyol, Alex Criville, tak meragukan kemampuan The Doctor untuk kembali meraih kemenangan setelah naik podium teratas di GP Belanda, Minggu (25/06/17) lalu. Bahkan, Rossi masih berpeluang besar untuk melampaui rekor kemenangan milik legenda balap motor asal Italia, Giacomo Agostini.

Agostini mencatat rekor kemenangan terbanyak di dunia balap motor, yakni sebanyak 122 kali. Ini hanya berselisih tujuh kemenangan dari torehan Rossi yang menang 115 kali.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETLegenda balap motor asal Italia, Giacomo Agostini.

"Rossi mungkin mampu mengalahkan rekor Agostini, tetapi apa yang ia inginkan dan berada di kepalanya adalah mencoba menjadi juara dunia MotoGP. Meraih gelar kesepuluh dalam kariernya adalah obsesi terbesar dan tujuannya," tutur Criville, seperti dikutip dari Tuttomotoriweb.

Baca Juga

Namun untuk meraih gelar juara dunia di musim ini, Rossi harus berhati-hati. Sebab menurut Criville, ada tiga pembalap lainnya yang bersaing ketat dalam perebutan gelar.

"Persaingan untuk kejuaraan dunia MotoGP terbuka lebar. Dari Andrea Dovizioso, yang berada di puncak klasemen hingga Marc Marquez di posisi keempat, hanya terpaut 11 poin. Kejuaraan terbuka lebar dan segalanya bisa terjadi karena semua pembalap fit," jelas Criville.

© Internet
Alex Criville Copyright: InternetAlex Criville.

"Dovizioso kuat. Rossi sudah terbukti punya motor dan setelan terbaik. Bersama Marc Marquez dan Maverick Vinales, kita punya empat pembalap yang bersaing untuk gelar juara dunia," tambahnya.

Lebih lanjut, Criville berkata akan sulit bagi Dovizioso untuk mempertahankan puncak klasemen. Apalagi Vinales hanya terpaut empat poin dan tak sedikit pun menunjukkan tanda-tanda mengendurkan semangat.

"Saya rasa akan sulit baginya, mengingat Maverick geram. Setelah jatuh di Assen, ia ingin menang atau setidaknya berada di podium balapan Sachsenring. Rossi sangat fit dan Marquez sangat kuat. Sangat mungkin beberapa dari mereka menggeser Dovizioso, meskipun ia sangat mulus. Jika Anda tak bisa finish pertama, Anda harus punya kesabaran supaya bisa finish di podium," pesan Criville.