MotoGP

'Hubungan Rossi dan Cadalora Layaknya Djokovic dan Becker'

Kamis, 29 Juni 2017 02:22 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Kombinasi Luca Cadalora dan Valentino Rossi adalah kolaborasi yang tepat untuk MotoGP. Cadalora adalah mantan pembalap motor yang sukses mengoleksi tiga gelar juara dunia di kelas 125 cc dan 250 cc. Pada Maret 2016, ia dipinang Rossi untuk menjadi pelatih pribadi sekaligus penasihat.

Kepada Il Corriere della Sera, Cadalora mengisahkan relasi baiknya dengan The Doctor. Ia mengaku beruntung tak pernah harus menghadapi Rossi dalam satu balapan, setelah menyaksikan Rossi menjadi juara dalam persaingan ketat di GP Belanda.

© Twitter/@M_Turco
Pelatih Valentino Rossi, Luca Cadalora. Copyright: Twitter/@M_TurcoPelatih Valentino Rossi, Luca Cadalora.

"(Hubungan kami) luar biasa dan unik. Apakah Anda menyaksikannya pada balapan hari Minggu (25/06/17)? Saat saya melihatnya, saya berpikir 'Terima kasih Tuhan, saya tak pernah menjadi lawannya'," tutur pria 54 tahun ini.

Baca Juga

Cadalora pun mengenang awal mula kerja sama keduanya. Ia mengamini ajakan Rossi yang ingin meniru kerja sama petenis Novak Djokovic dan pelatihnya, Boris Becker. Bersama Becker, Djokovic meraih enam gelar Grand Slam.

"Suatu hari di tahun 2015, saya ke Misano dengan para pembalap dari Akademi VR46. Kami pergi ke lintasan bersama-sama dan ia bertanya pada saya, 'Apakah kita bisa jadi seperti Boris dan Djokovic?' Saya bilang iya. Lalu Becker dan Djokovic bubar dan kami masih bersama hingga saat ini," kisahnya.

© INDOSPORT
Valentino Rossi, Danilo Petrucci, dan Marc Marquez di podium MotoGP Belanda. Copyright: INDOSPORTValentino Rossi, Danilo Petrucci, dan Marc Marquez di podium MotoGP Belanda.

Cadalora lantas membocorkan bagaimana metode latihannya dengan Rossi dan bagaimana cara juara dunia MotoGP tujuh kali itu tetap awet muda.

"Rahasianya adalah dengan bermain biliar. Dengan permainan itu, Anda harus berpikir. Itu adalah latihan mental yang sempurna. Namun bagaimanapun, Valentino sudah paham. Di lintasan, dia selalu sudah tahu apa yang harus dilakukan, kapan dan mengapa. Itu luar biasa."

"Dengan hasrat, membalap adalah hal yang paling disukainya. Lalu harus rendah hati, ia masih suka belajar dan semuanya selalu berubah. Rasa penasaran itulah yang membuatnya awet muda," tandasnya.