MotoGP

2 Alasan Folger Pantas Ungguli Marquez di Sachsenring

Rabu, 5 Juli 2017 06:22 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Mirco Lazzari gp via Getty Images
Pembalap Monster Yamaha Tech3, Jonas Folger, membuat kejutan di GP Jerman 2017. Copyright: © Mirco Lazzari gp via Getty Images
Pembalap Monster Yamaha Tech3, Jonas Folger, membuat kejutan di GP Jerman 2017.

Jonas Folger berhasil menjadi wakil tuan rumah yang sukses naik di podium GP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Minggu (03/07/17) lalu. Folger mengakhiri balapan di posisi kedua di bawah Marc Marquez yang berhasil menjadi yang terdepan di balapan ini.

Balapan ini sempat diwarnai oleh persaingan sengit antara kedua pembalap tersebut. Namun, Folger harus mengakui keunggulan Marquez di akhir 30 lap balapan berlangsung.

© INDOSPORT
Marc Marquez (kiri), Jonas Folger (tengah) dan Dani Pedrosa. Copyright: INDOSPORTMarc Marquez (kiri), Jonas Folger (tengah) dan Dani Pedrosa.

Hasil ini membuat Marquez menjadi ‘kaisar’ di Sachsenring. The Baby Alien sukses meraih 8 kemenangan beruntun dalam balapan di seri GP Jerman sejauh ini.

Catatan ini membuat Marquez juga memuncaki klasemen sementara pembalap hingga 9 balapan yang digelar. Namun demikian, Marquez harus mengakui Folger lebih unggul di Sachsenring karena dua faktor berikut:

Pertama, menurut catatan dari TMCblog.com, Folger berhasil 12 kali mencatatkan waktu lebih cepat dari Marquez soal lap time. Catatan inilah yang membuat Folger sukses menempel ketat Marquez sepanjang balapan berlangsung.

© tmcblog.com
Hasil lengkap lap time GP Jerman 2017. Copyright: tmcblog.comHasil lengkap lap time GP Jerman 2017.

Seperti dikutip dari Crash.net, Folger juga merendah atas catatan tersebut. Bahkan, pembalap tuan rumah ini hanya menyatakan bahwa dirinya telah berupaya maksimal untuk bersaing dengan Marquez.

"Saya sangat kuat saat balapan dan bisa mengikuti Marc. Saya tidak percaya bisa menjaga jarak hingga akhir," kata Folger.

Fakta lain adalah bawa top speed yang dicatatkan oleh Folger lebih mumpuni dibandingkan dengan milik Marquez. Meski bukan pemilik kecepatan terbaik di balapan, namun data dari TMCblog.com menyebut bahwa Folger mengungguli Marquez soal kecepatan sepanjang balapan.

Baca Juga:

Top speed Jonas Folger hanya berada di posisi ke-12 dengan catatan terbaik 290 km/jam. Sementara catatan kecepatan sang Juara seri, Marc Marquez hanya 288 km/jam, dan berada di posisi 17 soal tinggi tinggian top speed.

Ketidakberuntungan Folger dalam balapan ini juga diakuinya disebabkan oleh beberapa hal teknis. Faktor blunder dan masalah ban menjadi yang utama menjadi penyebab Folger gagal mengasapi Marquez di balapan ini.

© tmcblog.com
Catatan Top Speed GP Jerman. Copyright: tmcblog.comCatatan Top Speed GP Jerman.

"Saya melakukan kesalahan di tikungan 1 dan mencoba untuk mendekat. Ban saya mulai habis dan saya tidak bisa mengikuti dia pada akhirnya," ujar Folger.

Secara umum, Folger memang bisa disebut sebagai man of the match dalam balapan tersebut. Berbekal determinasi dan kemampuan untuk menyatu dengan motor menjadi salah satu hal yang membuat Marquez sempat kewalahan menyudahi balapan.