MotoGP

Ada Kisah Perjuangan Zarco Saat Tampil di MotoGP Jerman

Kamis, 6 Juli 2017 00:31 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

Dalam balapan MotoGP Jerman 2017 di Sirkuit Sachsenring pada Minggu (02/07/17) lalu, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil merebut gelar juara.

Kemenangan tersebut tidak hanya membuatnya memuncaki klasemen sementara pembalap MotoGP musim 2017 dengan 129 poin, tapi juga membuatnya sudah delapan kali berturut-turut menjadi yang tercepat di Sirkuit Sachsenring.

Baca Juga

Terlepas dari kegemilangan Baby Alien tersebut, dalam balapan MotoGP Jerman 2017 ada juga salah satu pembalap yang patut diapresiasi atas perjuangannya yang pantang menyerah. Dia adalah pembalap Tech 3, Johann Zarco.

© Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty Images
Johann Zarco dalam lintasan balap MotoGP Italia. Copyright: Gaetano Piazzolla/Action Plus via Getty ImagesZarco memulai balapan MotoGP Jerman 2017 dari urutan ke-19.

Sejak sebelum balapan utama dimulai, pembalap berkebangsaan asal Prancis itu mengalami berbagai rentetan kesialan. Mulai dari terjatuh saat sesi latihan bebas ketiga, hingga catatan waktunya yang buruk saat kualifikasi dan membuatnya harus membalap dari posisi ke-19.

Namun, seolah tidak mau menyerah dengan keadaan, pria kelahiran 16 Juli 1990 itu dengan telaten melewati lawan-lawannya satu per satu. Memang pada akhirnya ia tetap tidak mampu merebut satu tempat di podium, hanya saja ia mampu finis di posisi 10 besar, tepatnya di urutan kesembilan.

© Getty Images
Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Copyright: Getty ImagesZarco finis di urutan kesembilan dalam balapan MotoGP Jerman 2017.

"Ketika rangkaian pada hari Sabtu, saya sial karena terjatuh di FP (Free Practice) 3 dan saat kualifikasi saya melaju dengan lambat. Hasilnya saat balapan utama saya harus start di posisi 19," ujar Zarco seperti dikutip dari situs resmi MotoGP.

"Namun, saya menjaga untuk tetap tenang dan setiap putaran, saya mampu melewati lawan-lawan. Saya sebenarnya berharap bisa finis di urutan tujuh atau delapan. Tapi mereka terlalu jauh dan saya pun cukup puas finis di urutan kesembilan," tambahnya.

Meski gagal meraih podium, Zarco mengaku sangat bangga dengan pencapaiannya di Sachsenring. Pasalnya, balapan tersebut memberinya pengalaman berharga untuk tidak pernah berhenti berjuang sampai akhir.

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Johann Zarco pembalap asal Prancis. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesZarco puas dengan pencapaiannya di MotoGP Jerman 2017.

"Meskipun saya memulai dari posisi belakang, saya tetap berusaha menampilkan yang terbaik. Hal itu membuat saya mendapat pengalaman bagus dan menjadi kenangan indah untuk saya sebelum liburan musim panas," tutupnya.

Sedikit informasi, Zarco yang meraih posisi runner up di MotoGP Prancis 2017, kini berada di peringkat enam klasemen sementara pembalap musim 2017 dengan torehan 84 poin dari sembilan balapan.