Formula 1

Hamilton Kena Penalti, Bottas Raih Pole Position GP Austria

Sabtu, 8 Juli 2017 21:45 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mark Thompson/Getty Images
Pembalap tim Mercedes, Valtteri Bottas. Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Pembalap tim Mercedes, Valtteri Bottas.

Valtteri Bottas meraih pole position keduanya kala ia mengasapi Sebastian Vettel di babak kualifikasi GP Austria, Sabtu (08/07/17). Pembalap Mercedes ini unggul 0,042 detik dari Vettel.

Lewis Hamilton yang mencatat waktu tercepat ketiga, harus rela start balapan dari posisi kedelapan. Ia menerima penalti lima grid karena melakukan perubahan gearbox sebelumnya. Perseteruannya dengan Vettel di GP Azerbaijan rupanya masih sedikit membekas. Hamilton menolak bersalaman dengan pembalap Ferrari itu saat wawancara televisi.

© Alexander Demianchuk\TASS via Getty Images
Valtteri Bottas Copyright: Alexander Demianchuk\TASS via Getty ImagesValtteri Bottas.

Posisi ketiga akhirnya dikunci rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen. Di belakangnya, duo pembalap Red Bull berurutan, yakni Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Di kualifikasi pertama dan kedua, Verstappen sebenarnya lebih unggul daripada Ricciardo. Sayang ia mengalami masalah di tikungan 7 dan harus merelakan satu posisi direbut oleh rekan setimnya itu.

Baca Juga

Sergio Perez, Esteban Ocon, dan Carlos Sainz melengkapi posisi start 10 besar. Duo pembalap McLaren, Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne, akan start beriringan dari posisi 12 dan 13.

Rookie Lance Stroll yang sempat membuat kejutan dengan meraih posisi ketiga di GP Azerbaijan lalu, hanya mendapat posisi start ke-18. Sementara eks rekan Rio Haryanto, Pascal Wehrlein, mendapat posisi buncit.

Berikut hasil kualifikasi GP Austria:

© Motorsport
Sumber: Motorsport.com Copyright: MotorsportSumber: Motorsport.com