Formula 2

Kena Penalti, Poin Sean Gelael Dibatalkan

Minggu, 30 Juli 2017 16:43 WIB
Editor: Ramadhan
© Pertamina
Sean Gelael jelang balapan di hungaroring. Copyright: © Pertamina
Sean Gelael jelang balapan di hungaroring.

Nasib kurang bagus dialami pembalap asal Indonesia, Sean Gelael di pentas Formula 2 musim 2017. Sean Gelael harus mendapatkan penalti pada feature race yang berlangsung di Sirkuit Hongaroring, Hungaria, Sabtu (29/07/17) kemarin.

Meski Sean berhasil memenuhi janjinya untuk meraih poin pada gelaran feature race tersebut, namun pembalap dari tim Pertamina Arden itu harus rela tak mendapatkan poin. Perolehan poin Sean sendiri harus dianulir lantaran mendapatkan penalti 10 detik.

© Pertamina
Sean Gelael jelang balapan di hungaroring. Copyright: PertaminaSean Gelael jelang balapan di hungaroring.

Sean sendiri melakukan pelanggaran dengan mengaktifkan DRS sebelum waktu yang diperkenankan oleh pengawas lomba. Sean melanggar pasal 21.4 pada peraturan lomba. Pada balapan itu, Sean finis di urutan sembilan meski sebelumnya harus start dari posisi ke-20.

Dengan penalti tersebut, Sean pun harus rela turun ke posisi ke-14 dan tak mendapatkan poin. Penalti ternyata tidak hanya didapat oleh Sean saja. Namun ada satu pembalap lagi yang mendapatkan hukuman serupa yakni Sette Camara dari Tim MP Motorsport.

© Motorsport
Pembalap Indonesia, Sean Gelael. Copyright: MotorsportPembalap Indonesia, Sean Gelael.

Sette Camara yang menyelesaikan balapan di posisi ke-14 harus turun ke posisi ke-16. Kegagalan mendapatkan poin tersebut membuat Sean saat ini masih tertahan di posisi ke-17 dengan raihan tiga poin.

Hukuman penalti yang didapat Sean dianggap karena terjadi miskomunikasi antara Tim Principal Arden dengan pembalapnya, mengingat sebelum balapan FIA telah melakukan sosialisasi aturan DRS. Namun, aturan tersebut belum disampaikan ke pembalapnya.

© Twitter
Pembalap Pertamina Arden, Sean Gelael. Copyright: TwitterPembalap Pertamina Arden, Sean Gelael.

Dalam sesi feature race yang dijalani pembalap Pertamina Arden sendiri memang berjalan cukup menantang. Sean harus berjuang dari posisi belakang sementara Nato langsung mendapatkan masalah dengan kendaraannya.

Beruntung, kedua pembalap tersebut masih mendapatkan beberapa keberuntungan. Sean sendiri harus start di posisi ke-20 karena melakukan kesalahan dan mobilnya terhenti saat kualifikasi.