Jadi Jawara, Ini Kemenangan Kedua Marquez di Ceko

Minggu, 6 Agustus 2017 20:03 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Untuk kali kedua dalam kariernya sebagai pembalap MotoGP, Marc Marquez berhasil menjuarai seri Grand Prix di Sirkuit Brno, Ceko. Dirinya menjadi yang terdepan, serta akan menaiki podium bersama dengan Dani Pedrosa dan Maverick Vinales.

Jalannya Balapan

Marc Marquez memulai balapan dengan pole position, diikuti dengan Valentino Rossi di belakangnya. Sebelum dimulai kondisi aspal di Sirkuit Brno, Ceko, sedikit basah mengingat hujan sempat mengguyur ketika balapan Moto2 sebelumnya berlangsung.

Dalam balapan kali ini, awalnya Marquez masih memimpin di lap pertama, diikuti dengan Rossi dan Jorge Lorenzo, yang secara mengejutkan berhasil masuk ke dalam tiga besar setelah sebelumnya memulai dari posisi keenam.

Hingga pada akhirnya Marquez harus menepi ke pit lane ketika memasuki lap kedua. Hal ini dikarenakan dirinya memilih untuk mengganti ban basahnya menjadi ban kering, karena kondisi aspal di sirkuit sudah mulai mengering walau matahari belum terlihat.

Marquez yang harus mengganti ban, terpaksa turun dan sempat menyicipi posisi ke-20. Sementara Lorenzo dan Rossi kala itu berhasil menjadi yang terdepan di posisi pertama dan kedua.

Kejadian sial menimpa Andrea Iannone ketika dirinya hendak melakukan pergantian motor. Dirinya terjatuh ketika hendak masuk ke dalam pit lane, karena kaget ada Aleix Espargaro yang hendak menuju ke dalam sirkuit. Akibatnya, Esparago pun mendapatkan hukuman penalti dengan turun tiga peringkat.

Perlahan tapi pasti, Marquez mulai menunjukkan kelasnya dengan mendaki posisinya satu demi satu. Saat Lorenzo dan Rossi memilih untuk mengganti ban di lap keempat, Marquez langsung memanfaatkannya dengan langsung memuncaki balapan hanya dalam waktu 19 detik.

Rossi yang sempat di posisi ke-13 pasca mengganti ban, mulai menunjukkan kualitasnya ketika memasuki lap ke-13. Dirinya berhasil menyalip Abraham untuk duduk di posisi kedelapan.

Memasuki lap ke-17, The Doctor mulai menduduki posisi kelima setelah berhasil menyalip Petrucci. Di sini, dirinya bersaing dengan Crutchlow yang sebelumnya disusul oleh Maverick Vinales di posisi ketiga.

Rossi mulai menyusul Crutchlow di lap terakhir untuk duduk di posisi keempat. Sementara Marquez yang sedari awal nyaman sebagai yang terdepan, berhasil menjuarai seri Grand Prix di Brno 2017 ini. Dirinya bersama dengan Dani Pedrosa di tempat kedua, dan Vinales menyusul di tempat ketiga.