Formula 1

Lekat Dengan Maut, Sirkuit Ini Akan Jadi Ancaman Pembalap di GP Italia

Rabu, 30 Agustus 2017 14:09 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© turismo.monza.it
Sirkuit Monza. Copyright: © turismo.monza.it
Sirkuit Monza.

Akhir pekan ini, Formula 1 memasuki seri ke-13 dan persaingan menuju juara dunia balap internasional tersebut semakin ketat. Sebastian Vettel dan kawan-kawan akan kembali mencoba menaklukan sirkuit maut Autodromo Nazionale Monza untuk meraih podium. 

Sirkuit 'La Pista Magica' ini tak hanya menjadi saksi bisu kemenangan para pembalap, namun juga direnggutnya banyak nyawa selama berlangsungnya laga.

Monza mendapatkan titel sebagai sirkuit maut bukan tanpa alasan. Nyatanya, karakteristik lintasan yang dimiliki sirkuit di tepian kota Milan itu menjadi faktornya.

© carthrottle.com
Sirkuit Monza Copyright: carthrottle.comSirkuit Monza.

Jika diperhatikan, Monza adalah jenis sirkuit dengan tikungan lebar dan lintasan lurus. Sebelas tikungan patut menjadi perhatian bagi para pembalap yang siap bersaing pada Minggu (03/10/17) mendatang. 

Curva Parabolica menjadi salah satu tantangan maut yang mesti dilalui oleh Lewis Hamilton dkk nantinya. Karena tikungan terakhir tersebut yang menjadi penyebab pembalap legendaris Jerman, Wolfgang von Trips meregang nyawa pada 1961 silam.

Tak hanya Von Trips, 14 penonton yang berada di tikungan tersebut juga turut meregang nyawa akibat insiden tersebut setelah mobil Ferrari Dino 156 pembalap tersebut terlempar keluar lintasan. 

Selain tikungan, kontur lintasan Monza patut menjadi pertimbangan para pembalap jelang balapan nanti. Monza memiliki lintasan tanjakan dengan ketinggian 153,2 m berdasarkan data dari situs resmi Formula 1.

Sebelum memasuki tikungan kedelapan, pembalap akan dihadapkan pada lintasan turunan dan tanjakan yang kontras. 

© INDOSPORT
Sebastian Vettel keluar sebagai juara pada balapan Formula 1 GP Hungaria. Copyright: INDOSPORTSebastian Vettel menjadi pembalap termuda yang menjuarai GP Italia di Monza ketika berusia 21 tahun.

Vettel menjadi pembalap termuda pertama yang berhasil menaklukan Monza dalam wet race saat dirinya masih berusia 21 tahun, menaklukan Fernando Alonso tahun 2011. 

Setidaknya sejarah mencatat bahwa Monza telah menewaskan hampir lebih dari 40 pembalap dan 30 lebih penonton selama laga balapan. 

Sedikit informasi, klasemen sementara saat ini masih dipuncaki oleh pembalap Ferrari Vettel, bersaing ketat dengan pembalap Mercedes, Lewis Hamilton. setelah duel sengit antar keduanya. Hamilton sendiri keluar sebagai juara dalam GP Belgia. 

Sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia mungkin memang lintasan terbaik di dunia, namun menaklukkan Sirkuit Monza akan membutuhkan perjuangan besar para pembalap F1 akhir pekan ini. Apankah balapan kali ini akan menyajikan drama-drama panas lagi? Kita tunggu saja nanti.