MotoGP San Marino

Kecelakaan Sesi Kualifikasi, Marquez Dipaksa Gagal Pole Position

Minggu, 10 September 2017 11:59 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Yohanes Ishak
© Twitter/@MotoGP
Marc Marquez sempat jatuh di sesi kualifikas MotoGP San Marino Copyright: © Twitter/@MotoGP
Marc Marquez sempat jatuh di sesi kualifikas MotoGP San Marino

Pembalap Honda, Marc Marquez terpaksa harus meninggalkan keinginannya untuk meraih pole position. Kecelakaan yang ia alami di tikungan ke-13 menyebabkan pembalap Spanyol itu harus merelakan Vinales memimpin di start pertama.

Berniat untuk mengejar pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang menggeser posisinya di menjelang dua menit yang tersisa, pembalap yang akrab dipanggil Baby Alien justru jatuh dari motornya hingga keluar lintasan. 

© INDOSPORT
Andrea Dovizioso dan Marc Marquez dalam lintasan balap. Copyright: INDOSPORTAndrea Dovizioso dan Marc Marquez dalam lintasan balap.

"Saya menyentuh bagian merah. Saya sedikit melebar dan saya mengira situasi terkendali. Kemudian begitu saya menyentuh garis putih, dan saya kehilangan bagian depan," tuturnya pada Motorsport.

Jatuhnya juara dunia bertahan itu di Misano bukan yang pertama kalinya. Marquez sempat terjatuh juga saat sesi latihan bebas kedua pada Jumat (08/09/17) lalu. 

Insiden tersebut rupanya justru tak membuat Marquez kecewa. Pembalap yang nyaris keluar sebagai polesitter saat kualifikasi MotGP San Marino pada Sabtu kemarin, tetap merasa senang. 

"Saya senang, karena saya merasa baik dengan motor saya. Seperti kecepatan motor saya sama dengan Maverick dan Andrea. Besok akan menjadi balapan yang sengit," ujarnya. 

Dirinya mengaku merasa nyaman saat sesi latihan bebas ketiga. Namun suhu yang lebih tinggi pada sesi latihan bebas keempat rupanya menjadi kesulitan tersendiri baginya.

© @riririri_rin93
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez merayakan kemenangannya di Amerika. Copyright: @riririri_rin93Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez merayakan kemenangannya di Amerika.

"Tapi sepertinya besok kondisi lebih dingin. Itu akan membantu. Dengan ban bekas saja, ritme tetap baik," ungkap pembalap kelahiran 1993 itu optimistis. 

Akibat dari insiden tersebut, Marquez harus puas start ketiga, dengan pembalap yang kini masih memuncaki klasemen sementara dengan 183 poin, Dovizioso di posisi kedua.