Formula 1

Debut Sean Gelael di FP1 Formula 1 Disambut Hujan Deras

Jumat, 15 September 2017 15:28 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter @ToroRossoSpy
Pembalap Indonesia, Sean Gelael ketika sedang beraksi dengan Toro Rosso. Copyright: © Twitter @ToroRossoSpy
Pembalap Indonesia, Sean Gelael ketika sedang beraksi dengan Toro Rosso.

Pembalap muda Indonesia, Sean Gelael, akan segera melakukan debutnya di kelas Formula 1 dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) Grand Prix Singapura, Jumat (15/09/17). Hujan deras yang melanda San Marina Bay pun menyambut debut Sean bersama tim Toro Rosso ini.

Kondisi ini dipastikan akan berpengaruh banyak pada lintasan balap jalan raya ini. Apalagi, balapan di Singapura juga merupakan yang pertama bagi rekan setim Norman Nato di ajang Formula 2 tersebut.

© Twitter/Sean Gelael
Sean Gelael dan Antonio Giovinazzi. Copyright: Twitter/Sean GelaelSean Gelael dan pembalap ketiga Scuderia Ferrari, Antonio Giovinazzi.

Meski demikian, sebelum FP1 resmi digelar, pembalap berusia Indonesia 20 tahun ini mengaku sudah siap untuk menjalankan tugasnya karena pada debutnya ini telah mendapatkan saran dari pembalap tim Toro Rosso yaitu Carlos Sainz Jr dan Daniil Kvyat.

"Jadi pintar-pintar saya menggali informasi dari mereka secara tidak langsung," kata Sean, seperti dikutip dari Antara.

Sebelum memulai sesi latihan bebas, pembalap tim Pertamina Arden itu melakukan track walk atau berjalan keliling sirkuit sepanjang lebih dari lima kilometer untuk mengetahui karakter lintasan sesungguhnya.

Sean mengakui ada sejumlah titik yang patut diwaspadai, di antaranya adalah tikungan 11 dan 12. Dua titik ini dinilai cukup sulit mengingat kondisi tikungan yang berbentuk zig-zag dan terdapat gundukan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan sirkuit lain.

Sean Gelael sendiri pada musim ini mendapatkan empat kesempatan untuk menjajal Formula 1 di sesi latihan bebas pertama. Selain Singapura, pembalap jangkung ini akan turun di GP Malaysia, Amerika Serikat, dan Meksiko yang tak bertabrakan dengan jadwalnya di Formula 2. Sebelumnya, Sean telah menjajal mobil F1 milik Toro Rossi di Bahrain dan Hungaria.