Jelang GP Malaysia, Bos Mercedes Kecewa Pembalapnya Diungguli Vettel

Sabtu, 30 September 2017 14:39 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Rizal
 Copyright:

Bos Mercedes Toto Wolff mengaku kecewa dengan hasil sesi latihan bebas jelang GP Malaysia. Kekecewaan Wolff bukannya tanpa alasan.

Pembalap utamanya Lewis Hamilton dan Valteri Bottas hanya mampu keluar sebagai yang keenam dan ketujuh dalam sesi latihan bebas pada Jumat (29/09/17) kemarin. 

"Jumat terburuk yang pernah saya ingat," katanya menggambarkan kondisi pembalapnya saat jalani sesi latihan bebas di Sirkuit Sepang, seperti dilansir Wheels 24.

© Mark Thompson/Getty Images
Ekspresi kekecewaan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas. Copyright: Mark Thompson/Getty ImagesEkspresi kekecewaan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas.

"Mau balapan ini basah, kering, jarak panjang, ataupun single lap, kita kehilangan kecepatan dalam latihan ini. Kita hanya memiliki waktu 12 jam untuk memperbaikinya," ujar Wolff.

Hal yang lebih mengkhawatirkan bagi Mercedes adalah melihat pesaing mereka, Ferrari, justru menunjukkan performa yang berkembang di sesi latihan bebas itu. Vettel Vettel mencatat waktu 1,4 detik lebih cepat dari duo pembalap Mercedes.

Pasalnya, dalam sesi latihan bebas,  Hal itu tentu saja membuat Wolff uring-uringan, meski posisi Vettel kini berada di bawah Hamilton di puncak klasemen sementara. 

"Catatan waktu itu adalah realitasnya. Catatan waktu balap menunjukkan bahwa kita tidak cukup cepat," tukas Wolff. 

Hamilton sendiri mengungkapkan sesi latihan bebas kemarin dan hari ini sangat sulit. Dirinya mengaku berjuang begitu keras untuk menguasai mobilnya di Sirkuit Sepang. 

© Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Lewis Hamilton Copyright: Marco Canoniero/LightRocket via Getty ImagesLewis Hamilton

"Saya telah mengalami kesulitan dengan mobil ini, jadi kita harus melakukan pengecekan untuk memahami dimana kita mengalami kesalahan dengan keseimbangannya," jelas Hamilton. 

Meski demikian, rekan satu tim Hamilton, Valteri Bottas, mengaku optimistis bahwa balapan besok akan lebih baik dari sesi latihan bebas kali ini.

Hanya saja, pembalap Finlandia itu mengamini bahwa Ferrari dan Red Bull telah menunjukkan kekuatan yang patut diwaspadai dalam balapan seri kali ini.