Terakhir Tunggangi Mobil F1, Rio Haryanto Mulus Jalani Tes Formula E

Rabu, 4 Oktober 2017 09:06 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto mulus jalani tes balapan Formula E di Valencia kemarin. Dirinya mengaku cukup memiliki pemahaman terkait mobil yang ia gunakan dalam balapan tersebut.

Dilansir Motorsport, Rio mengakui bahwa dirinya cukup senang dalam menjalani rangkaian tes balapan di Formula E ini. 

© Internet
Mobil Formula E Copyright: InternetMobil Formula E

"Ini bukanlah mobil balap (yang dipakai tim peserta musim ini), tapi setidaknya saya memiliki pemahaman tentang bagaimana mobil ini bekerja," ungkap Rio. 

Mobil Formula E memang menggunakan tenaga listrik yang datangnya dari baterei berkapasitas kecil pada mesinnya. Namun Rio nampaknya cukup lihai memanfaatkan kekuatan mobil dengan kapasitas baterai kecil itu. 

"Saya sangat senang dengan tes yang saya lakukan hari ini, dua tes yang mulus, tanpa kesalahan, dan saya bisa melahap putara sebanyak mungkin," ujarnya usai tes yang ia jalani kemarin. 

Rio sendiri berhasil melahap lebih dari 25 lap meski dirinya hanya mendapatkan dua stint dalam tes kemarin. Ia merasa sedikit berbeda sejak terakhir dirinya mengendarai mobil Formula 1 dari Manor Racing. 

© Charles Coates/Getty Images
Rio Haryanto melakukan parade pembalap F1 Grand Prix di Hockenheim, Germany. Copyright: Charles Coates/Getty ImagesRio Haryanto melakukan parade pembalap F1 Grand Prix di Hockenheim, Germany.

"(Mobil balap) yang terakhir adalah mobil Formula 1 pada tahun 2016, saya tidak membalap di kejuaraan lain setelahnya, namun saya tetap melakukan latihan karting untuk menjaga ritme," jelasnya. 

Mantan pembalap Manor Racing di Formula 1 itu Selasa (03/10/17) kemarin menjalankan dua sesi Formula E Development Car Test. Dirinya memang menargetkan untuk melahap sebanyak mungkin lintasan dalam tes balap tersebut.

1