Catat Hasil Buruk, Lintasan Basah Ancam Rossi-Vinales di GP Jepang

Sabtu, 14 Oktober 2017 15:32 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© MotoGP
Maverick Vinales (kanan) tengah berbicara dengan Valentino Rossi. Copyright: © MotoGP
Maverick Vinales (kanan) tengah berbicara dengan Valentino Rossi.

Duo Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales menghadapi ancaman baru menjelang balapan keempat terakhir mereka di Sirkuit Motegi dalam GP Jepang akhir pekan ini. Baik keduanya belum mampu menyajikan hasil terbaik mereka dalam sesi latihan bebas pertama dan kedua, bahkan pada sesi kualifikasi pada Sabtu (14/10/17) ini. 

Pada FP1, Rossi tercatat berada di posisi ke-19, sedangkan rekan setimnya, Vinales berada di posisi ke-9. Pembalap Italia itu berhasil memperbaiki posisinya di FP2 dengan berada di posisi ke-12, persis di belakang Vinales. Kedua pembalap itu juga menghasilkan catatan yang cukup mengecewakan usai gagal masuk dalam deretan 10 besar pembalap dalam babak kualifikasi. 

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Maverick Vinales dalam sebuah konferensi pers. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesMaverick Vinales dalam sebuah konferensi pers.

Sebelumnya, Vinales sendiri sempat mengingatkan kepada tim Yamaha untuk segera melakukan perbaikan teknis pada motornya jika mereka tak ingin kehilangan gelar juara. 

"Memang benar, dalam kondisi basah, kita belum juga membaik," ungkap pembalap Spanyol itu.

Dilansir Motorsport, Vinales sendiri mengaku kondisi mereka semakin memburuk sepanjang musim ini. Vinales menyadari bahwa permasalahan yang tengah ia bersama timnya hadapi pada motornya adalah terdapat pada bagian belakang. Di mana, dirinya melihat motor tak punya daya tarik tiap kali hendak menginjak gas.

"Hasil balapan saya sangat mirip dengan Valentino, jadi kemungkinan masalahnya sangat mirip juga," ungkap Vinales soal permasalah mesin motornya. 

Rossi sendiri pun mengungkapkan bahwa ia bersama tim telah melakukan banyak cara untuk memperbaiki motornya.

"Kita memang dalam masalah, dan kita tidak mengerti alasannya kenapa," ujar Rossi. 

Meski mereka telah melakukan sejumlah modifikasi, namun pada akhirnya hasil mereka tetap jauh dari posisi puncak. Rossi merasa dirinya mampu lebih kompetitif di trek basah.

"Tahun lalu saya merasa sangat kompetitif dalam kondisi basah, saya memiliki perasaan yang bagus dengan motor saya, namun tahun ini kami mengalami kesulita. Ada sesuatu yang aneh," ungkapnya lagi. 

Sebaliknya justru terjadi pada pembalap satelit Yamaha, Johann Zarco, yang berhasil mengamankan pole position dalam balapan utama besok. Dirinya diikuti oleh Danilo Petrucci di posisi kedua, dan Marc Marquez di posisi ketiga.