Saling Tikung di Trek Basah, Aksi Cantik Dovizioso Ini Pecundangi Kenekatan Marquez

Minggu, 15 Oktober 2017 16:35 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Yohanes Ishak
© MotoGP
Marquez dan Dovizioso saat memperbutkan posisi pertama di MotoGP Jepang Copyright: © MotoGP
Marquez dan Dovizioso saat memperbutkan posisi pertama di MotoGP Jepang

Trek yang basah karena hujan yang mengguyur selama balapan tak membuat keseruan menyaksikan MotoGP  2017 Jepang berkurang. Balapan yang digelar di Sirkuit Motegi itu akhirnya dimenangkan oleh pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Namun Dovi, sapaan akrab Dovizioso, harus melalui cara yang cukup ekstrim untuk memastikan gelar juara, yakni dengan terlibat persaingan sengit dengan Marquez. Marquez dan Dovi membuat para penggemar MotoGP berteriak melihat aksi saling tikung mereka di lap-lap terakhir.

© MotoGP
Marquez dan Dovizioso saat memperbutkan posisi pertama di MotoGP Jepang Copyright: MotoGPMarquez dan Dovizioso saat memperbutkan posisi pertama di MotoGP Jepang

Setelah membalap Petrucci bersama-sama saat balapan menyiasakan 12 lap lagi, Marquez dan Dovi head to head memperebutkan posisi pertama. Aksi saling tikung dan salip terjadi hingga penonton kesulitan menebak siapa yang akan finis pertama.

Marquez yang dikenal nekat dan tak ragu mengambil risiko saat saling tikung mendapat perlawanan keras Dovi. Hingga akhirnya, pembalap Italia itu sukses mempecundangi Marquz di putaran terakhir sebelum garis finis.

Trek yang licin dan basah karena guyuran hujan tak membuat keduanya berhenti saling menikung. Motor milik Dovi bahkan berguncang hebat saat ia menyalip Marquez di putaran terakhir, namun Marquez melalui sudut sempit di tikungan berhasil kembali menngambil posisi pertama dari Dovizioso.

Namun kecerdikan Dovi nyatanya sukses mempecundangi aksi nekat Marquez hingga akhirnya ia berhasil finis di posisi prtama yang disambut antusias para kru Ducati yang tak menyangka sang pembalap mampu menaklukan Marquez di detik-detik akhir sebelum garis akhir.