MotoGP

Jika Performa Musim Depan Menurun, Rossi Pastikan Pensiun

Jumat, 10 November 2017 20:27 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Yamaha, Valentino Rossi dalam konferensi pers. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Yamaha, Valentino Rossi dalam konferensi pers.

Juara dunia tujuh kali MotoGP, Valentino Rossi nampaknya sudah memberikan kode soal rencana pensiunnya dari ajang balap motor internasional tersebut.

Kontrak pembalap Italia tersebut bersama dengan tim Movistar Yamaha akan berakhir di ujung musim 2018. Rossi sendiri mengungkapkan bahwa akan mempertimbangkan prospeknya usai beberapa balapan awal musim depan. 

© au.eurosport.com
Valentino Rossi Copyright: au.eurosport.comValentino Rossi.

Hal tersebut ia bicarakan dalam konferensi pers menjelang balapan di GP Valencia, Spanyol. Pembalap yang Februari nanti akan menginjak usia 39 tahun tersebut masih melihat kemungkinan performanya nanti pada 2018 mendatang. 

"Saya pikir (akan mengambil keputusan) setelah menjalani balapan-balapan awal pada laga musim depan, karena memang akhir musim depan kontrak akan selesai," ungkap Rossi.

Rossi memang berencana untuk meninjau kembali kedepannya bagaimana catatan kecepatan lewat penampilannya di beberapa balapan mendatang di musim depan. 

"Jadi saya harus melihat kecepatan saya. Jika kita kompetitif dan mampu membuat beberapa pekerjaan bagus dengan motornya. Setelah beberapa balapan kita bisa berbicara dengan Yamaha dan memutuskan apakah kita akan melanjutkannya atau tidak," jelasnya.

Mimpi The Doctor untuk menyabet gelar juara dunia musim ini memang pupus usai cedera yang diterimanya saat menjalani latihan motorcross di kampung halamannya, di Italia. Insiden tersebut memaksanya untuk absen dari GP Misano. Namun pembalap Italia itu kini berada di urutan keempat klasemen sementara MotoGP, tertinggal 29 poin dari rekan setimnya, Maverick Vinales. 

© twitter@YamahaMotoGP
Maverick Vinales dan Valentino Rossi Copyright: twitter@YamahaMotoGPMaverick Vinales dan Valentino Rossi

"Musim yang sulit, beberapa balapan bagus, namun juga banyak akhir pekan yang sulit. Kami banyak berjuang, dan pada dasarnya saat ini kami belum menemukan cara terbaik untuk memperbaiki kekurangan tersebut," jelas the Doctor.

Balapan akhir pekan ini akan menjadi sebuah laga perebutan titel juara dunia MotoGP 2017 antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. Pembalap Ducati itu kini mengumpulkan 261 poin di posisi kedua klasemen sementara usai memenangi laga di GP Malaysia beberapa waktu lalu.