MotoGP

Dovizioso Pasrah, Marquez Raih Pole Position di GP Valencia

Sabtu, 11 November 2017 21:29 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© getty images
Marc Marquez selebrasi di atas podium MotoGP San Marino. Copyright: © getty images
Marc Marquez selebrasi di atas podium MotoGP San Marino.

Para pembalap MotoGP tampak bernafsu meraih posisi terbaik dalam balap kualifikasi yang digelar pada Sabtu (11/11/17) ini. Sejumlah pembalap mengalami kecelakaan selama jalani balapan sesi tersebut.

Pembalap Honda, Marc Marquez berhasil meraih pole position dalam balapan utama akhir pekan ini. Pembalap Spanyol itu meraih catatan waktu tercepat dalam sesi tersebut, yaitu 1 menit 29,897 detik. Marquez sendiri dalam jalani kualifikasi tersebut sempat terjatuh, namun insiden tersebut rupanya tak menggoyahkan posisi pole yang telah ia raih dari hasil kualifikasi ini.

Berbeda dengan rival terbesarnya, Andrea Dovizioso tampak tampil begitu pasrah saat menjalani sesi kualifikasi. Ia berada di posisi kesembilan dalam sesi kualifikasi dengan raihan catatan waktu 1 menit 30,961 detik. 

Rekan setimnya di Ducati, Jorge Lorenzo semua sempat bersaing di posisi kedua untuk mengejar ketertinggalan catatan waktunya dengan Marquez. Namun, Lorenzo jatuh dari motornya ketika berada di tikungan 13.

Usai insiden tersebut, Lorenzo nampaknya sedikit gentar dan dengan kondisi tersebut, pembalap yang digadang-gadang tersukses setiap laga di Valencia tersebut terpaksa harus memulai balapan besok di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 30,460 detik. 

Juara dunia MotoGP lima kali Valentino Rossi besok akan memulai balapannya di posisi ketujuh. Menjadi catatan perubahan yang cukup signifikan bagi The Doctor dengan raihan waktu 1 menit 30,848 detik. Namun sayangnya, nasib berbeda justru dialami oleh rekan setim Rossi di Yamaha, Maverick Vinales yang di posisi luar 10 besar. Ia juga nampak begitu kurang maksimal saat jalani sesi kualifikasi tersebut. 

Balapan yang akan dihelat di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol tersebut akan menjadi seri terakhir MotoGP 2017, di mana momen soal siapa yang akan menyabet titel juara dunia akan ditentukan esok hari.

Banyak penikmat balap motor internasional tersebut yang kemungkinan besar menunggu rentetan drama maupun laga sengit antara Marquez maupun Dovizioso untuk berebut gelar musim ini.