Sempat Membahayakan, Yamaha Malah Pasang Ini di Motor Rossi

Kamis, 16 November 2017 18:45 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap andalan Yamaha, Valentino Rossi. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap andalan Yamaha, Valentino Rossi.

Pada musim lalu, Ducati pernah dihujat soal penambahan winglet pada motor mereka. Karena penggunaan tambahan model tersebut pada motor dianggap illegal. 

Sejumlah pembalap pun sempat mengeluhkan keberadaan tambahan tersebut pada musim lalu, dan dianggap akan membahayakan pembalap lainnya. 

Namun yang mengejutkan, nyatanya Yamaha justru memasangkan fairing yang mirip dengan winglet pada motor uji coba Rossi saat jalani laga uji coba di Valencia pada 14-15 November kemarin. 

Apakah itu akan membuka kemungkinan adanya penggunaan model tersebut pada motor milik Yamaha yang akan dikendarai Rossi dan Maverick Vinales musim depan?

Bukan tidak mungkin. Hal tersebut terungkap dari apa yang disampaikan oleh Vinales usai menjalani laga uji coba tersebut, seperti dilansir Speedweek. 

"Kami seperti memiliki winglet, tetapi Aprillia dan Ducati melakukan hal yang sama," ungkap Vinales. Pembalap Spanyol itu menilai fairing yang menyerupai winglet tersebut legal saja.

© JagatOtomotif.id
Winglet Ducati Copyright: JagatOtomotif.idWinglet Ducati

Meskipun begitu, penilaian soal berbahaya atau tidaknya penggunaan fairing serupa winglet tersebut, menurut Vinales akan menjadi tanggung jawab bagi Yamaha selaku pemegang motor kedua pembalap tersebut. 

Balapan uji coba akan kembali dilaksanakan pada pekan depan, tepatnya 23 dan 24 November mendatang di Sirkuit Jerez, Spanyol. Momen uji coba ini tentunya akan turut dimanfaatkan oleh para pembalap anyar MotoGP musim depan untu memahami betul performa mesin yang mereka butuhkan.

1