Semakin Canggih, MotoGP Helat Balap Motor Listrik Musim 2019

Rabu, 13 Desember 2017 11:56 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Joko Sedayu
© INDOSPORT/Dorna Sports
Promotor MotoGP, Dorna akhirnya buka-bukaan soal kelas balap baru, FIM Moto-e World Cup musim 2019 mendatang. Copyright: © INDOSPORT/Dorna Sports
Promotor MotoGP, Dorna akhirnya buka-bukaan soal kelas balap baru, FIM Moto-e World Cup musim 2019 mendatang.

Promotor MotoGP, Dorna akhirnya buka-bukaan soal kelas balap baru, usai Moto2 dan Moto3 yang rencananya akan dihadirkan pada 2019 mendatang. Kabarnya, pada tahun tersebut, Dorna akan menggelar FIM Moto-e World Cup.

Dorna, dilansir Motorsport, telah mengungkapkan siapa pihak yang akan menjadi pendukung balapan motor listrik tersebut. Mereka adalah perusahaan manufaktur asal Italia, Energica. Perusahaan itu akan menjadi pemasok utama balap kelas tersebut.

Proyek balap motor listrik nantinya akan dipimpin oleh Nicholas Goubert, bekas bos Michelin MotoGP. Balapan tersebut nantinya akan menggunakan pengembangan motor yang sering kali digunakan dalam ajang Energica Ego Streetbike.

Motor itu sendiri memiliki tenang yang mampu mencapai 145 dk dengan kecepatan hingga 241 km/jam. Balapan tersebut nantinya akan mampu memakan jarak 128 hingga 161 km. Mesin yang digunakan tentu bertenaga listrik. 

© Read Motorsport
Motor FIM Moto-E Copyright: Read MotorsportMotor FIM Moto-E

Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta sendiri begitu bersemangat soal proyek besar balap motor listrik ini. Tak hanya itu, ia sendiri juga mengaku bangga dapat membangun kerja sama soal proyek ini dengan perusahaan besar sekelas Energica. 

"Kami yakin dengan kualitas dan performa dan kami tidak berpikir bahwa ada kolaborator yang lebih baik lagi untuk meluncurkan FIM Moto-e World Cup. Energica adalah perusahaan terbaik dan penuh inovasi," ujar Ezpeleta dilansir Motorsport.

Rencana balap motor bertenaga listrik ini akan diikuti oleh 15 sampai 20 pembalap pada musim 2019 mendatang. Jumlah lap yang kemungkinana akan dilahap oleh para pembalap nantinya sekitar 10 lap dalam satu seri.