MotoGP

Kaleidoskop 2017: Iannone Kecelakaan dan Nicky Hayden Meninggal

Minggu, 31 Desember 2017 09:07 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kaleidoskop MotoGP. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kaleidoskop MotoGP.

MotoGP musim 2017 ini menyimpan begitu banyak momen menarik, baik yang terjadi di dalam maupun luar lintasan. Momen-momen tersebut tak hanya menyangkut rivalitas para pembalap untuk menyabet kemenangan dan gelar juara musim ini, namun juga problematika antara pembalap dengan warna warni MotoGP yang bergerak dinamis.

Pembalap Honda Marc Marquez berhasil kembali menyabet gelar juara dunianya yang keenam selama karirnya sebagai pembalap. Rivalitas nyata yang terjadi antara dirinya dengan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso semakin memanaskan jalannya balapan sepanjang musim ini. 

Terlebih lagi keunggulan poin yang mereka raih dari kemenangan sepanjang balap musim ini terus bersaing ketat. Marquez sendiri beberapa kali diwarnai sejumlah permasalahan dengan mesinnya, namun ia mampu membuktikan diri bahwa gelar juara musim ini akan kembali ia raih. 

Namun Dovizioso sendiri bersama Ducati juga tak tinggal diam. Ducati menjadi garda depan yang mampu bersaing dengan pabrikan sekelas Honda. Kenyataan itu pun akhirnya harus diterima dengan fakta bahwa Ducati memang tampil sangat kompetitif di musim ini, baik pembalap mereka, Dovizioso dan Jorge Lorenzo, maupun dengan perkembangan mesin motor mereka. 

Di sisi lain, para pembalap pabrikan Yamaha mengakhiri laga sepanjang musim ini dengan catatan yang tidak cukup memuaskan. Banyak kendala yang dialami oleh pembalap Italia, Valentino Rossi dengan rekan setimnya, Maverick Vinales. Secara gamblang, kedua pembalap tersebut memang merasa masalah bersumber pada motor mereka. 

Rossi sendiri pada musim ini tampil tidak cukup maksimal hingga belum mampu menyaingi sejumlah pembalap-pembalap muda yang tampil cukup kompetitif musim ini. Bahkan menjelang akhir musim, pembalap senior itu dirumorkan akan segera mengambil keputusan untuk pensiun dari laganya di lintasan balap. Hal tersebut nampaknya harus menunggu hasil performanya hingga pertengahan musim baru. 

© Twitter/Crash.net MotoGP
Empat motor Nicky Hayden dipamerkan di Sirkuit Mugello. (Sumber: Twitter/Crash.net MotoGP) Copyright: Twitter/Crash.net MotoGPEmpat motor Nicky Hayden dipamerkan di Sirkuit Mugello. (Sumber: Twitter/Crash.net MotoGP)

Sedangkan kehadiran rookie of the year dari tim satelit Yamaha, Johann Zarco menarik perhatian cukup banyak penikmat MotoGP musim ini. Pembalap Yamaha Tech 3 tersebut mampu memberikan penampilan terbaiknya dan membangun keyakinan di lintasan balap bahwa dirinya layak diperhitungkan sebagai pembalap yang perlu diwaspadai musim depan nanti. 

Lantas, bagaimana momen-momen menarik yang berhasil mewarnai ajang balap internasional kelas MotoGP musim 2017? Berikut INDOSPORT berhasil merangkum serangkaian momen-momen yang berhasil diabadikan selama perjalanan kompetisi balap motor tersebut musim ini: