Formula 1

Terungkap, Begini Kenyataan Hidup Ajang Formula 1 di Media Sosial

Senin, 15 Januari 2018 21:42 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Jadwal Formula 1 2018. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Jadwal Formula 1 2018.

Formula 1 nyatanya bukan apa-apa jika dibandingkan dengan cabang olahraga ternama lainnya di dunia media sosial, berdasarkan laporan Pat Symonds yang melakukan penelitian terkait interaksi akun media sosial resmi milik Formula 1 tersebut. 

Pekan lalu, F1 dilaporkan telah memiliki 11,900 pengikut di media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan juga Youtube, yang merepresentasikan adanya peningkatan mencapai 54,9 persen dibandingkan 2016 lalu. 

© Instagram
Instagram resmi Formula 1 Copyright: InstagramInstagram resmi Formula 1

Kejuaraan balap mobil tersebut mendapatkan dorongan besar dari media sosial maupun platform digital mereka musim lalu, mencoba memberikan kelegaan bagi beberapa batasan dari untuk tim Formula 1 soal konten video di media sosial. Hal itu juga rupanya turut meningkatkan jumlah konten video yang tersedia di platform resmi mereka. 

Terungkap pula bahwa Formula 1 membutuhkan beberapa menit untuk dihabiskan di Facebook mereka hingga mencapai 1600 persen jika dibandingkan dengan 2016 lalu, dimana sebanyak 64 juta penonton di Twitter. 

"Ketika anda membacanya, ini seperti sebuah kabar baik, namun pada kenyataannya, kami sama sekali bukan apa-apa," ujar  kepala teknis Williams, Symonds, yang bergabung dengan tim spesialis di bawah kepemimpinan bos bidang olahraga F1 yang baru, Ross Brawn.

"Kita sangat tertinggal jauh di belakang. Jika anda melihat Facebook, Merceder memiliki 10 juta (pengikut) melawan klub sepakbola Barcelona yang memiliki 95,5 juta pengikut," katanya lagi, dikutip Motorsport. 

© Twitter
Twitter resmi Formula 1 Copyright: TwitterTwitter resmi Formula 1

Tak hanya sampai disitu, ia juga mengungkapkan bahwa pembalap Formula 1 sekelas Lewis Hamilton memiliki pengikut yang lebih sedikit dari pemain sepakbola dunia, sepert bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. 

"Kita telah terlalu jauh dari area tersebut. Setidaknya saat ini kita mulai peduli akan hal itu," ungkapnya lagi, saat menjadi pembicara pada gelaran acara MIA's Entertainment and Energy-Efficient Motorsport Conference.