MotoGP

Pembalapnya Terjangkit Sindrom Gilbert, Tim MotoGP Ini Dibikin Pusing

Kamis, 18 Januari 2018 17:45 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Copyright: © Getty Images
Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

Pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger, kabarnya telah memutuskan untuk mundur dari perhelatan balap MotoGP musim 2018 ini usai sakit yang dideritanya selama beberapa tahun terakhir ini. 

Folger diketahui mengidap penyakit sindrom Gilbert, atau gangguan hati ringan yang menyebabkan dirinya absen dalam empat seri MotoGP musim lalu. Kenyataan tersebut tentu saja membuat bos Tech 3, Herve Poncharal menghadapi kesulitan.

© BreakingNews.co.id
Bos Yamaha Tech 3, Herve Poncharal Copyright: BreakingNews.co.idBos Yamaha Tech 3, Herve Poncharal

"Masih sulit bagi saya untuk percaya, bahwa dia tidak akan balapan dengan kami pada 2018, terutama karena dia adalah seseorang yang sangat saya percaya dan yakin akan mencapai tingkat teratas bersama tahun ini.Saya benar-benar menghormati keputusannya, meski sulit diterima," katanya, dikutip Motorsport. 

Poncharal sempat berharap bahwa Folger akan pulih, namun usai dirinya menerima kabar dari manajer pribadi Folger yang mengungkapkan bahwa pembalapnya itu belum sembuh 100 persen secara mental dan Fisik. 

© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Tech 3 asal Jerman, Jonas Folger. Copyright: Mirco Lazzari gp/Getty ImagesPembalap Tech 3 asal Jerman, Jonas Folger.

Dengan keputusan absennya Folger dari ajang musim ini tentunya membuat Poncharal kesulitan dalam mencari pembalap pengganti. Hingga kini belum ada nama yang mencuat sebagai pembalap pengganti untuk Folger nantinya. 

"Saya akan mencoba mencari solusi pembalap pengganti, yang merupakan misi sangat sulit, karena semua pembalap cepat sudah dikontrak. Tapi seperti biasa di balap kita harus proaktif, inventif, dan mudah-mudahan kami bisa membuat seseorang sangat bahagia. Kami akan terus memberitahu Anda tentang situasi berikutnya," ujar Poncharal.

Dari rumor yang beredar, kemungkinan pembalap Jepang, Katsuyuki Nakasuga akan menemani Johann Zarco musim ini. Nakasuga sendiri merupakan pembalap uji coba milih tim pabrikan Yamaha yang langganan juara ajang balap motor Suzuka 8 Hours.