MotoGP

Dorna Resmi Launching Kejuaraan Balap Motor Listrik

Rabu, 7 Februari 2018 18:32 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Irfan Fikri
© INDOSPORT/Dorna Sports
Logo Dorna Sports. Copyright: © INDOSPORT/Dorna Sports
Logo Dorna Sports.

Penyelenggara Moto GP, Dorna Sports Selasa (6/2/2018) telah resmi mengumumkan berlangsungnya kejuaraan balap motor listrik atau FIM Moto-e World Cup tahun depan. Untuk melancarkan prosesnya, kerjasama telah dijalin dengan perusahaan energi multinasional Enel yang menjadi sponsor utama.

Seperti diberitakan Electrek, kejuaraan ini secara eksklusif akan menggunakan motor listrik buatan produsen sepeda motor Italia, Energica.

CEO Energica Motor Livia Cevolini  mengungkapkan apresiasinya karena perusahaan yang dipimpinnya mendapatkan kepercayaan luar biasa.

"Kami bangga telah dipilih oleh Dorna dan kami sudah berkomitmen untuk proyek ini. Semangat membangun kendaraan impian yang telah membawa kami sampai ke titik ini,” ungkapnya.

Dikatakan, setiap produk Energica telah melalui uji kualitas  yang ketat. Sementara departemen Litbang berfokus pada pengembangan teknologi baru yang ramah lingkungan.

11 tim diketahui akan bersaing pada kejuaraan dengan menggunakan motor produksi Energica yang dimodifikasi. Motor diketahui memiliki daya hingga 107 kW.

Sementara itu, Presiden FIM, Vito Ippolito berkomentar mereka memilih Enel karena menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan teknologi yang dapat diperbaharui.  

"FIM sebenarnya telah merancang program berkelanjutan sejak 25 tahun yang lalu. Kami menganggap hadirnya event ini dapat menjadi pilar utama bagi penggunaan energi alternatif termasuk untuk kendaraan,” papar Ippolito.

Menurutnya kemitraan antara Dorna, Energica dan Enel memastikan sektor olahraga juga berkontribusi untuk mencapai tujua pembangunan berkelanjutan, terutama yang berkaitan dengan penggunaan energi terbaharukan.

Rencananya kalender balapan untuk musim pertama akan diumumkan akhir tahun ini.