x

Kabar Bahagia! Indonesia Bakal Resmi Punya Tim Balap untuk MotoGP 2021

Sabtu, 24 Oktober 2020 14:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:

INDOSPORT.COM – Indonesia bakal resmi memiliki tim balap bernama Mandalika Racing Team yang rencananya akan turun di kejuaraan MotoGP 2021.

Mandalika Racing Team Indonesia bakal diluncurkan pada 28 Oktober 2020 di Jakarta. Tentunya kabar ini menjadi berita bahagia bagi para penggemar MotoGP di Tanah Air.

Pasalnya, Mandalika Racing Team Indonesia akan mewakili Indonesia di kelas Moto2 mulai tahun depan saat Indonesia juga menjadi tuan rumah Grand Prix Mandalika di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga
Baca Juga

"Sejauh ini sementara kami melakukan penguatan-penguatan internal dulu karena banyak pihak yang harus kami komunikasi antara lain, pebalap dan technical support dari luar serta terkait sponsor," kata ketua tim MotoGP Indonesia Muhammad Rapsel Ali, dilansir dari laman Antara.

Rapsel Ali menambahkan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dan sejumlah sponsor seperti Pertamina, Garuda Indonesia dan Telkom telah menyatakan kesiapannya mendukung tim Merah Putih itu.

Mandalika Racing Team sendiri bakal diperkuat pebalap nasional Dimas Ekyy Pratama yang sempat membalap di ajang Moto2 tahun lalu dan kemungkinan akan dipasangkan dengan pebalap profesional dari luar negeri.

Mereka akan menggunakan motor bermesin Triumph dengan kapasitas 765cc, yang dipakai oleh seluruh tim Moto2. Kendati menggunakan mesin yang sama dari pemasok tunggal, setiap tim boleh memakai sasis yang berbeda seperti Kalex, MV Agussta, NTS dan Speed Up.

Baca Juga
Baca Juga

"Insyaallah dengan ikhtiyar bersama kita melakukan yang terbaik untuk negeri ini," kata Rapsel Ali yang juga anggota Komisi VI DPR-RI itu.

Rapsel Ali mengungkapkan pemilihan 28 Oktober sebagai tanggal peluncuran tim bertepatan dengan momentum hari Sumpah Pemuda.

"Ini hari bersejarahnya pemuda-pemudi indonesia, sekaligus memanfaatkan momentum untuk bangkitkan semangat berprestasi," kata dia.

Musim MotoGP 2020, sementara itu, menyisakan empat seri lagi dan akan ditutup di Portugal pada 22 November nanti sebelum tes pramusim di transisi tahun mengawali musim kompetisi baru.

MotoGPDimas Ekky PratamaSirkuit MandalikaBerita OlahragaBerita SportMotoGP 2021Berita MotoGPBerita SportainmentBerita OtomotifMandalika Racing Team

Berita Terkini