x

Miris, Momen Sepi Rossi dan Vinales Balapan Sendirian saat Joan Mir Juara

Senin, 16 November 2020 17:39 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM - Dua pembalap Monster Energy Yamaha yakni Maverick Vinales dan Valentino Rossi terlihat menyedihkan saat mereka harus balapan karena tertinggal jauh dari pembalap lain telah di MotoGP Valencia Minggu (15/11/20) kemarin. 

Rossi dan Vinales sempat terlibat dalam pertarungan ketat di lap awal Gran Premio de la Comunitat Valenciana. Namun, setelah semua pebalap menetapkan posisi mereka, balapan menjadi perjalanan yang sepi bagi duo Yamaha.

Baca Juga
Baca Juga

Mereka masing-masing berakhir di posisi 10 dan 12. Vinales terlihat  berjuang mengatasi kesulitan setelah lap pembuka di Gran Premio de la Comunitat Valenciana.

Pembalap Spanyol itu sempat melaju ke 10 besar. Sementara Valentino Rossi berkat awal yang cukup kuat dan sempat terlibat pertarungan head-to-head dengan Cal Crutchlow akhirnya mengamankan tempat ke-12 di akhir balapan.

Vinales mengalami awal yang sulit, ia sempat berada di posisi keenam kemudian merosot tajam ke perinhkat 13.  Namun, setelah delapan lap, MotoGP Valencia menjadi perjalanan yang sepi bagi rider berjuluk Top Gu itu. 

Dengan jarak lebih dari 3 detik dengan pembalap di depannya dan jarak 1 detik dengan pembalap di belakangnya, Vinales memilih fokus pada ritme. Dengan beberapa pembalap yang jatuh atau melebar sepanjang balapan, Vinales alhirnya berakhir di tempat kesepuluh dengan jarak 19.043 detik dari posisi pertama.

Sementara itu Rossi sangat ingin berhasil finis setelah 27 putaran di MotoGP Valencia dan sempat berjibaku di awal balapan. Dia memiliki awal yang baik dari urutan 16 di grid dan dengan terampil melakukan manuver dan terhindar dari kekacauan di putaran pertama.

Dengan pengalamannya, The Doctor menghindari semua drama di trek dan naik dua tempat di lap pertama dalam prosesnya. Setelah berada di urutan ke-14, ia berusaha mengejar Vinales yang notabene rekan satu timnya.

Baca Juga
Baca Juga

Duo Yamaha itu bersama-sama naik dua posisi lagi akibat kesalahan pembalap lain yang terjebak di lintasan licin Ricardo Tormo. Rossi siap untuk pertandingan sparring dengan Cal Crutchlow.

Pada lap 16, ia mengambil alih posisi ke-13 dan segera menciptakan celah. Sisa balapan berlangsung lancar bagi pembalap Italia itu. 

Berkat satu pembalap lagi yang mengalami crash di depannya, dia melewati garis finis di posisi ke-12 dengan selisih wakt=u 19,717 detik dari pembalap terdepan.


1. Ucapkan Selamat untuk Joan Mir

Pembalap MotoGP Suzuki Ecstar, Joan Mir.

Juara MotoGP 2020 telah ditentukan setelah balapan di Valencia kemarin, jadi kini baik Rossi maupun Vinales hanya akan bertarung untuk posisi terbaik mereka jelang klasemen akhir MotoGP 2020.

Vinales tetap berada di urutan keempat dengan 127 poin selisih 44 poin dari puncak. Rossi tetap di posisi 15, dengan selisih 109 poin dari posisi pertama. 

Sementara itu, Yamaha berada di urutan ketiga klasemen konstruktor, dan Monster Energy Yamaha MotoGP berada di posisi kelima dalam klasifikasi tim.

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP juga telah mengucapkan selamat kepada Joan Mir karena telah memenangkan gelar Championship.

"Tapi saya melakukan semaksimal mungkin dalam balapan, dan sekarang semua yang kami bisa. Sebagai sebuah tim adalah mencoba memahami apa yang dapat kami tingkatkan untuk putaran final," ujar Vinales

"Balapan berikutnya kami di Portimao, yang merupakan trek yang saya suka, dan kami akan mencoba melaju dengan cepat. Kami berharap ada sedikit lebih banyak pegangan di sana agar kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik," tambahnya.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Joan. Dia layak mendapatkan gelar tahun ini."

Sementara itu, Rossi yang mengalami banyak ketidakberuntungan musim ini juga hanya bisa berharap ia bisa terus memperbaiki performa ke depannya. Ia merasa Joan Mir memang layak mendapatkan gelar juara MotoGP musim ini berkat penampilan konsistennya.

"Pada level ini, kembali kuat adalah sesuatu yang harus Anda lakukan selangkah demi selangkah. Saya membutuhkan balapan ini, karena minggu lalu saya hanya bertahan empat lap saja," ujar Rossi

"Saya mendapatkan hasil nol poin  dalam enam kali balapan berturut-turut karena kesalahan, masalah dengan motor, dan Covid-19. Kami tahu bahwa di sini sulit bagi saya, karena ini adalah trek terburuk sepanjang karier saya."

"Sekarang kami berharap kami bisa merasa lebih baik dengan motor dan ban di Portimao minggu depan. Kami akan berusaha menjadi lebih kompetitif."

"Saya pikir Mir pantas mendapatkan kejuaraan ini. Dia dewasa untuk usianya dan tidak membuat kesalahan di saat-saat penting, jadi selamat untuknya."

Valentino RossiYamahaMotoGPMaverick VinalesJoan MirBerita MotoGP

Berita Terkini