Navratilova: Masa Depan Li Na Tak Pasti

Sabtu, 16 Agustus 2014 09:21 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Li Na menjadi kampiun Australia Terbuka 2014 pada Januari lalu. Namun, setelah itu penampilan petenis yang akan menginjak usia 33 tahun pada Februari 2015, terpuruk terutama seusai berpisah dari Rodriguez. Derita Li Na diperparah dengan cedera lutut.

"Kondisi tubuh jelas adalah masalah terbesarnya sekarang," sebut Navratilova kepada AFP, ketika ditanya kans Li Na merebut trofi grand slam tenis ketiganya.

"Motivasi dia juga bermasalah setahun lalu setelah Wimbledon, tapi dia mampu menjalin komunikasi dengan baik dengan Carlos dan akhirnya memenangi Australia Terbuka pada tahun selanjutnya," lanjut Navratilova.

"Masa-masa yang hebat, dia berhasil menang grand slam dan itu fantastis. Tapi, sekarang dia mungkin dia tak akan bertanding dalam sisa tahun, jadi semua terserah kepadanya," ucap Martina kemudian. "Apakah dia pernah menag grand slam? Ya, tapi apakah tubuhnya bisa diajak bekerja sama?"

Navratilova mengungkapkan pendapatnya soal Li Na saat melakukan promosi menjelang penampilan WTA Legends di Singapura yang akan berlangsung pada Oktober mendatang. Turnamen ekshibisi itu yang akan mengakhiri rangkaian Kejuaraan WTA.

Dasar opini Navratilova adalah Li Na akan melewatkan grand slam Amerika Terbuka 2014. Petenis Negeri Tirai Bambu itu juga mungkin juga bakal gagal tampil dalam Wuhan Open 2014 pada bulan depan, turnamen bergengsi WTA yang berlangsung di kampung halaman Li Na.

Saat ini, Li Na berada di posisi ketiga petenis dunia, di bawah petenis AS, Serena Williams, dan wakil Rumania, Simona Halep.

Namun, sejak menjuarai Australia Terbuka 2014, karier Li Na merosot dan gagal bersinar di Prancis Terbuka dan Wimbledon. Penyebab utama ditengarai karena dia berpisah dari pelatih pribadi, Carlos Rodriguez, yang juga sempat melejitkan petenis cantik Justine Henin. 

Saat memasuki senja karier, masa depan Li Na jadi pertanyaan. Faktor fisik jadi dasar prediksi Navratilova --yang sempat memenangi grand slam terakhir pada usia 33 tahun-- terhadap Li Na. 

"(Fisik) itu bukan hal mudah. Ketika semakin menua Anda butuh mengerucutkan jadwal dan tak bermain sebanyak sebelumnya," tutur Navratilova.