Hendra Setiawan, Sang Juara Dunia Pemilik Gelar Individu Terlengkap

Senin, 14 November 2016 13:51 WIB
Editor: Ramadhan
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan.

Hendra Setiawan mulai berpisah dari Pelatnas PBSI di Cipayung pada 1 Desember 2016 nanti. Pebulutangkis andalan ganda putra Indonesia ini memutuskan mundur dan akan berkarier sebagai pebulutangkis profesional.

“Sudah waktunya bagi saya untuk berkarier di dunia bulutangkis profesional,” ungkap Hendra Setiawan seperti rilis PBSI yang diterima INDOSPORT.

Sepanjang kariernya di dunia bulutangkis Indonesia, Hendra merupakan pemain hebat. Namanya melambung saat mulai berpasangan dengan Markis Kido dan Mohammad Ahsan di sektor ganda putra.

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan saat menjalani sesi latihan.

Hendra juga merupakan pemain bulutangkis Indonesia dengan gelar individu terlengkap. Ia sudah pernah menyabet 3 gelar juara dunia, 2 kali juara Asian Games (2010 dan 2014), dan juara Olimpiade pada tahun 2008 di Beijing bersama Markis Kido.

Tak hanya itu, Hendra juga berhasil meraih 2 gelar juara Badminton Asia Championship, 3 medali emas SEA Games (2005, 2007, dan 2009), 18 gelar juara Superseries, 4 gelar juara Grand Prix, dan 2 gelar juara Open Turnaments.


Aksi Hendra Setiawan bersama pasangannya di ganda putra, Mohammad Ahsan.

Hendra sendiri memang sempat keluar masuk Pelatnas PBSI. Ia pertama kali bergabung tahun 2002, berpasangan dengan Markis Kido. Kemudian setelah sempat keluar Pelatnas tahun 2009, pada tahun 2012 Hendra kembali dipinang Pelatnas untuk berpasangan dengan Mohammad Ahsan.

99