Bulutangkis India Terapkan Sistem Poin 11x5

Selasa, 27 Desember 2016 09:55 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Asosiasi bulutangkis India kembali melakukan uji coba penerapan sistem poin baru di ajang Premier Badminton League (PBL) dengan sistem poin 11x5. Sebelumnya, PBL juga melakukan uji coba dengan penerapan sistem poin 15x3.

Mantan pebulutangkis ranking 1 dunia asal India, Saina Nehwal, menyatakan ketertarikannya dengan sistem baru tersebut. Hal senada diungkapkan peraih medali Olimpiade 2016, P.V Sindhu, yang menilai format baru tersebut akan membuat pemain jadi lebih fokus dan waspada sejak awal pertandingan.

Pebulutangkis terbaik India, Saina Nehwal.

Sistem poin 11x5 juga diuji coba oleh BWF di ajang Chinese Taipei Masters 2016, Oktober 2016 lalu. Muncul pro dan kontra terhadap format baru tersebut.

Di Indonesia, para insan bulutangkis Tanah Air menilai format poin baru tersebut membuat pertandingan berlangsung kurang seru. Durasi pertandingan juga akan berlangsung lebih cepat sehingga kurang menarik. Namun pengurangan durasi, memang menjadi salah satu alasan penerapan format perhitungan poin 11x5.

Taufik Hidayat saat masih aktif menjadi atlet bulutangkis.

“Tidak seru jadinya. Bisa cuma sepuluh menit saja untuk selesaikan satu set. Memang berbeda sedikit, tetapi tempo dan lainnya bisa berubah,” ujar mantan pebulutangkis tanah air, Taufik Hidayat.

“Dari segi mental juga sangat berpengaruh apalagi bagi pemain yang sering terlambat panas, bisa saja dia sudah tertinggal jauh,” tambah Taufik.

5