Australia Terbuka 2017

Menangi Duel Sedarah, Serena Williams Borong Rekor

Sabtu, 28 Januari 2017 18:13 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Quinn Rooney/Getty Images
Serena Williams merengkuh gelar juara Australia Terbuka 2017. Copyright: © Quinn Rooney/Getty Images
Serena Williams merengkuh gelar juara Australia Terbuka 2017.

Serena Williams berhasil meraih gelar turnamen Grand Slam ke-23 setelah tampil cemerlang dalam duel sedarah melawan kakak kandungnya, Venus Williams. Serena menang dua set langsung dengan skor 6-4, 6-4.

Venus yang menjadi petenis tertua yang tampil di final Grand Slam di era Open, dengan usia 36 tahun, tampil cukup baik saat membuka set pertama. Setelah kalah di game pertama, Venus membalas dengan mengamankan game kedua.

Venus sempat menguasai laga pada game ke-4 dan ke-5. Namun mengamankan tiga game berikutnya sebelum menuntaskannya pada game terakhir.

Venus (kiri) dan Serena Williams berpelukan di akhir pertandingan final Australia Terbuka 2017.

Hal yang sama terjadi pada set kedua. Serena mengamankan tiga game ke-6 hingga ke-8. Pada game 9, Venus yang tampil ngotot berhasil meraih poin setelah melewati rally panjang dengan 24 shot. 

Namun Serena memastikan kemenangan setelah kembali meraih poin di game pamungkas. Keberhasilan ini membuat Serena mengoleksi 17 kemenangan saat berhadapan dengan Venus. Sementara sang kakak, baru 11 kali mengalahkan Serena.

Mengklaim gelar Grand Slam ke-23 di ajang ini, membuat Serena mengukir rekor sebagai petenis putri dengan koleksi gelar Grand Slam terbanyak di era Open. Ini merupakan gelar Australia Terbuka ke-7 yang diraih Serena.

Venus (kiri) dan Serena Williams mengangkat trofi usai saling mengalahkan di partai final.

Hanya Margaret Court yang mengungguli koleksi gelar Serena, dengan 24 titel. Hanya saja, 13 trofi Grand Slam diantaranya ia raih sebelum era Open dimulai pada 1968.

Keberhasilan Serena meraih gelar juara di usianya yang ke-35 ini, juga membuat Serena menjadi juara Grand Slam tertua sepanjang sejarah sektor tunggal putri.

160